Fakta Mengenai Negara Indonesia Yang Menakjubkan

Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di bagian Asia Tenggara. Bhinneka Tunggal Ika merupakan moto dari negara Indonesia yang berarti “Berbeda-beda namun tetap bersatu”. Indonesia yang dikenal dengan sebutan RI ini memiliki lagu kebangsaan yakni “Indonesia Raya”. Pancasila adalah ideologi berkebangsaan Indonesia.

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang pernah dijajah oleh sejumlah bangsa asing selama dekade waktu lamanya. Bangsa Indonesia sendiri berhasil merdeka dan bebas dari penjajahan pada tanggal 17 Agustus 1945 dimana ketika itu presiden pertama Indonesia yakni Soekarno “menyeruhkan” proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Bersyukur dan bangga sangat patut kita sematkan kepada para pejuang Indonesia yang berhasil membebaskan negara ini dari penjajahan!!! Hmm, kita sebagai warga Indonesia yang baik juga harus dapat menghargai jasa para pejuang atau pahlawan kemerdekaan yappp…

Ok deh, itulah sedikit basa-basi dari saya tentang Indonesia namun artikel ini belum “putus” sampai disini saja, kita akan membahas lagi Fakta Mengenai Negara Indonesia Yang Menakjubkan. Check this out>>>

th-11) Indonesia adalah salah satu negara dengan kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

th-22) Pada tahun 2016, negara ini tercatat memiliki populasi kehidupan manusia sekitar 258 juta jiwa lebih dan berpredikat empat besar dunia dengan jumlah penduduk terbanyak.

th-33) Indonesia merupakan salah satu negara terbesar didunia yang berpenduduk umat muslim atau pemeluk agama islam.

 

 

th-44) Taukah kamu bahwa stadion Gelora Bung Karno adalah salah satu stadion terbesar di Asia dan didunia!!!

 

 

th-55) Komodo Dragon terbesar didunia dengan panjang 3 meter atau 9,8 kaki pertama kali ditemukan di negara Indonesia.

 

 

th-66) Rafflesia Arnoldi merupakan bunga terbesar didunia yang pernah tumbuh di Pulau Sumatera, Indonesia. Berat 15 kg, kelopak 0,5 meter, dan panjangnya mencapai 2,5 cm itulah catatan keseluruhan dari bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Pulau Sumatera.

 

th-77) Pasti kamu tidak mempercayainya bahwa Jarsey dan Jaket Official Tim Machester United adalah buatan Indonesia.

 

 

 

 

th-88) Produsen mie instan terbesar didunia adalah Indofood Sukses Makmur dan biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, produsennya adalah Indonesia.

 

 

 

 

th9) Menurut CIA World Factbook, Indonesia memiliki luas dan panjang pantai sekitar 54.000 km. Dengan demikian, Indonesia merupakan pemilik pantai terluas dan terpanjang kedua didunia setelah negara Kanada.

 

 

 

 

 

th-1010) Indonesia memiliki tambang Grasberg atau tambang emas terbesar ketiga didunia. Letak lokasi di Puncak Jaya Provinsi Papua, Indonesia.

 

 

th-1111) Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan di berbagai etalase di mall-mall kelas atas di 32 negara di seluruh penjuru dunia. Public figure dunia yang mengenakan produk ini antara lain Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thomson, dan Audrey Tatou.

 

 

th-1212) Koin Ringgit Malaysia dan passport Malaysia adalah produksi PT PERURI, Indonesia.

 

 

th-1313) Kacang Dua Kelinci (PT Dua Kelinci), Indonesia, menjadi salah satu sponsor klub sepakbola asal Eropa, Real Madrid.

 

 

 

 

 

th-1414) Presiden RI ke-3, BJ Habibie adalah pemegang 46 hak paten di bidang aeronautika (teknik penerbangan) dunia.

 

 

th-1515) Danau Toba merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau vulkanik ini terletak di Parapat, Sumatera Utara, Indonesia.

 

 

th-1616) Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Taukah kamu bahwasannya Candi Borobudur adalah Candi Buddha terbesar didunia yang dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Budhha!!!

 

 

th-1717) Jakarta adalah salah satu kota yang terletak dinegara Indonesia. Kota ini sendiri memiliki predikat sebagai kota terbesar ke-13 dunia dengan jumlah penduduk sekitar 11,3 juta jiwa (menurut data BPS tahun 2010).

 

th-1818) Zubir Said merupakan salah seorang komposer lagu yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Ia dikenal sebagai pencipta lagu Nasional Singapura berjudul “Majulah Singapura”.

 

 

th-1919) Hutan bakau atau yang sering disebut hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Ekosistem ini mampu mengurangi abrasi tanah yang disebabkan oleh air laut. Di Indonesia, luas hutan bakau mencapai 2,5- 4,5 juta hektar sehingga memposisikan Indonesia sebagai negara yang memiliki hutan bakau terluas di dunia, disusul oleh Brazil, Nigeria, dan Australia. Kira- kira, luas hutan bakau Indonesia mencapai 25% dari total hutan bakau yang ada di dunia.

th-2020) Marco Polo adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Indonesia. Salah satu kisah menarik dari seorang Marco Polo yakni penemuan unicorn atau kuda bertanduk satu yang ditemukannya di Pulau Sumatera.

Nah, itulah sejumlah Fakta Mengenai Negara Indonesia Yang Menakjubkan dari saya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang negara Indonesia. Satu lagi, cintailah negara kita ini (Indonesia) dan rawatlah sebaik mungkin! Terima kasih…

Related posts