Gajian Telat? Langkah Ini Yang Harus Diambil

Gajian telat memang sangat menyebalkan bagi diri kita semua yang sudah bersusah payah kerja namun bayaran terlambat. Sejujurnya, setiap orang pasti pernah mengalami gajian telat dimana mungkin sistem perusahaan yang sedang dijalani dalam keadaan sulit, lagi down, kesibukan bos/pengusaha atau bahkan salah memenajemenkan waktu kala ada suatu hal penting sudah terencana akan tetapi berbenturan. Hemm,,, susah emang kalau sudah begini. Apalagi kita semua membutuhkan biaya hidup yang mencakup seperti bayar tagihan bulanan, uang belanja, dan lain sebagainya.

Sebagai karyawan di sebuah perusahaan, menerima gaji pada waktu yang sudah ditentukan adalah hak setiap anggota sebab adanya tuntutan pekerja. Apa anda mengalami hal yang sama? Berikut langkah ampuh yang harus diambil:

1. Tanyakan langsung kepada bos atau supervisor

Hal yang pertama kali harus anda lakukan ketika gajian telat yaitu menanyakan langsung kepada bos atau supervisor terkait perusahaan. Cari tahulah mengapa dan apa alasan perusahaan bisa membayar telat gaji anda. Usahakan, jika anda sedang bertanya lakukan dengan cara yang sopan untuk menjunjung tinggi nilai perusahaan, jangan sampai ada sesuatu perasaan gak enak diantara anda dan pemimpin perusahaan. Jangan takut untuk bertanya adalah kunci solusi tahap pertama!

Ingat kata pepatah, “malu bertanya sesat dijalan”, “berani bertanya gak sesat dijalan” yang pada akhirnya gajian bakalan keluar secepat mungkin.

2. Hukum berlaku

Telat gajian untuk sekali, dua kali, tiga kali adalah wajar. Namun, bila keterlambatan terima gaji terlalu sering dari sebuah perusahaan; tindakan selanjutnya yaitu menegur atasan dengan mengaitkan kata landasan “Hukum Berlaku” bos.

Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Pasal 95 ayat (2) dinyatakan: “Pengusaha yang karena kesengajaan atau kelalaiannya mengakibatkan keterlambatan pembayaran upah, dikenakan denda sesuai dengan persentase tertentu dari upah pekerja/buruh. Persentase denda ini diatur oleh pemerintah (Pasal 95 ayat [3] UUK) dalam Pasal 19 PP 8/1981”. Itu berarti secara gamblang negara sudah mengatur bahwa perusahaan atau pengusaha tidak diperkenankan terlambat membayar gaji kepada karyawannya. Itu senjata kedua dalam menumpas perusahaan yang membandel (telat bayar gaji).

3. Duit darurat

Pernah mengalami kesulitan disaat waktunya gajian namun belum terbayarkan? Apa anda punya simpanan duit di rekening, ataupun celengan! Kalau punya, gunakanlah sedikit, jangan berlebihan sebab akan membuat kempes rekening dan celengan anda saja.

Dan jika anda tidak mempunyai sepeser pun duit dalam rekening atau celengan, maka tindakan efektif adalah mencari kerja sampingan. Asalkan halal, jangan malu untuk mencarinya. Jadi tukang becak, tukang parkir, pemulung, apa aja deh yang penting halal Bro dan bisa buat anak-bini makan.

4. Makan ala kadarnya yang penting sehat

Gajian telat memang benar membuat kita kesal, namun apa dayalah seorang karyawan yang tak mempunyai apapun (dalam hal ini duit). Mikir tagihan bulanan, popok anak belum terbeli, susu anak belum terbeli, uang belanja belum bisa dikasih ke Istri, hahaha segelintir rasa curhat saya nih.

Namun, perjalanan hidup sangat lika-liku dan harus tetap dijalani dengan ala kadarnya tanpa harus berlebihan meringis-menunggu gajian tiba. Yah tentu, kita harus menikmati dan menjalani kehidupan dengan cara makan, benar kan sobat?

Makan apa saja deh yang penting sehat adalah hal utama patut anda pertimbangi. Jangan terlalu mahal yang penting kenyang (menghemat pengeluaran). Mie instan juga menjadi santapan yahud kala tak memiliki duit sembari menunggu gajian masuk kedalam rekening, hehehe.

5. Puasa

Langkah terakhir untuk menghadapi kasus gajian telat adalah Puasa. Selain menghemat pengeluaran duit, dunia & akhirat anda pun menjadi sehat, penuh pahala. Nggak perlu makan Bro, cukup minur air mineral ketika hendak sahur. Kemudian ketika berbuka puasa, melahap sebuah kurma dan minum manis-manis sudah bisa menyiasati perut. Agak riskan rasanya, tapi demi menghemat duit sembari menunggu gajian masuk rekening, gak ada salahnya bukan untuk mencoba tips ini?

Namun, jangan terlalu dipaksain juga kaleee kalau perut sudah terasa geroncongan. Yah, setidaknya pergunakan duit darurat deh buat beli sesuap nasi biar mengenyangkan perut anda 😉

Nah, itulah sedikit langkah untuk menutupi gajian telat yang dapat saya jabarkan kepada anda. Tidak semua langkah saya berhasil dan bisa saja tampak konyol dimata anda, namun setiap langkah yang saya tuliskan tadi, sudah pernah saya coba & berhasil hingga waktu gajian tiba.

Semoga bermanfaat…

 

 

 

Related posts