Upsss, Ternyata Fenomena Laut Terbelah Juga Ada Lho di Indonesia

Gengs, masih ingatkah kamu dengan kisah Nabi Musa As yang membelah lautan? Sebagaimana kisah tersebut terjadi pada saat rombongan Nabi Musa tengah dikejar-kejar oleh bala tentara Firaun, yang mana ketika itu pelarian dari rombongan Nabi Musa agak terhenti karena dihadapan mereka hanyalah lautan luas. Namun, lantaran mukjizat dimiliki Nabi Musa dengan menggunakan tongkatnya berhasil membelah lautan itu, yang pada akhirnya mereka dapat melewati hadangan tentara Firaun. Akan tetapi, seusai mereka sampai ke daratan, tiba-tiba lautan itu kembali menyatu dan menenggelamkan seluruh tentara Firaun yang mencoba melaluinya.

Ilustrasi Gambar: Nabi Musa As membelah lautan untuk melepaskan para rombongannya dari kejaran tentara firaun.

Yah itulah penggalan kisah singkat dari Nabi Musa As yang dapat membelah lautan menjadi dua sisi. Upsss, fenomena terbelahnya lautan itu, kini bukan hanya terjadi sewaktu pelarian rombongan Nabi Musa saja. Setelah sempat diberitakan sebelumnya, ada sebuah lautan terbelah di Korea Selatan yang menghubungkan pulau Jindo dengan pulau Modo, ternyata sekarang tersiar kabar di Indonesia juga punya seperti itu. Lantas dimanakah tempatnya?

Fenomena laut terbelah itu sendiri berada di bagian timur Indonesia, tepatnya Morotai. Morotai adalah sebuah pulau sekaligus kabupaten yang terletak di kepulauan Halmahera, provinsi Maluku Utara. Pulau ini sebagian besar areanya terdiri atas hutan guna menghasilkan kayu serta damar. Selain keduanya, ‘sejuta’ kekayaan alam bisa dihasilkan di timur Indonesia ini seperti emas, biji, besi dan lain-lain termasuk wisata bahari nya yang begitu mempesona pada area laut terbelah.

Dilansir dari catatan Detiktravel, Kepulauan Morotai masuk dalam 10 Destinasi Prioritas Pemerintah dimana artinya Morotai bakal dibenahi dan diurus dengan maksimal oleh Kementerian Pariwisata serta stakeholder pariwisata demi mewujudkan destinasi wisata kelas dunia.

Morotai mempunyai pesisir pantai yang sangat eksotis serta alam bawah lautnya begitu memukau. Ada 23 titik selam disini, belum lagi sejumlah objek wisata bersejarah sisa peninggalan Perang Dunia II antara sekutu Amerika Serikat yang berperang dengan Jepang pada tahun 1944-1955.

Namun ada satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri di Morotai yakni Fenomena Laut Terbelah. Lautan tersebut seolah-olah terbelah hingga kamu dapat melintasi dan menyeberangi dua pulau, yaitu pulau Dodola Kecil dan pulau Dodola Besar.

Sebenarnya, fenomena laut terbelah ini merupakan kondisi dimana air laut diantara kedua bagian pulau itu telah surut, sehingga tampak seperti terbelah. Ketika ‘laut belah’ itu terjadi, kedua pulau yang terpisah lautan terlihat menyatu. Tapi saat air mulai surut, hamparan pasir layaknya jalanan panjang yang menghubungkan Dodola Kecil dan Dodola Besar akan dapat terlihat.

Gengs, jika kamu ingin pergi kemari lewat jalur Daruba, ibukota Kabupaten Morotai, lokasi pulau Dodola dapat dicapai dengan naik speedboat selama sekitar 20 menit. Banyak sudah tur operator yang menawarkan perjalanan kemari. Sesampainya disini cobalah untuk kamu menikmati suasana sambil berfoto seolah sedang ada di tengah pisahan lautan. Selain itu, kamu juga dapat memandang jernihnya air dengan pepasiran putih nan lembut. Mau bagaimanapun ceritanya, lokasi ini sangat tepat untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai destinasi wisata kamu loh gengs!

Nah, demikianlah penyampaian saya mengenai Laut Terbela Yang Ada di Indonesia. Pernah nggak kamu kemari? Kalau belum pernah tunggu apalagi, yuk kemas-kemas barang, kita berangkat langsung ke Tkp, hehehe..

Related posts