Penjelasan Dan Ragam Jenis Robot Secara Detail

Robot adalah sebuah mesin yang dibuat dengan rancangan teknologi komputer serta peralatan tertentu untuk dapat digerakan secara otomatis dan kompleks. Di era modern sekarang ini, robot telah berkembang pesat di berbagai penjuru dunia. Banyak alasan dari para ahli untuk menciptakan sebuah robot dalam kegunaannya. Contoh, sebagai pembersih rumah, pelayan restoran, pertambangan, dan lain-lain.

Sebenarnya, robot sudah ada sejak masa peradaban kuno yang ditemukan oleh beberapa orang insiyur berasal dari Cina, Yunani, dan Mesir. Pada awalnya, mereka para ahli berusaha untuk membangun mesin pengoperasian (robot) yang menyerupai bentuk hewan maupun manusia. Misalnya seperti; burung merpati buatan Archytas, pahlawan super buatan Alexandria, pembersih wastafel buatan Philo of Byzantium dan manusia robot oleh Lie Zi. Dikala itu, para ahli belum mengenal atau sama sekali menamai mesin tersebut dengan julukan “robot”.

Pertama kalinya, istilah robot baru muncul dari seorang penulis berkebangsaan Ceko bernama Karel Čapek. Itu mengisahkan pada tahun 1920 untuk kata “Robota” yang berarti buruh paksa atau pekerja.

a. Jenis Robot

Ada beberapa jenis robot yang mungkin anda telah ketahui. Namun, untuk mengingat dan membuka kembali wawasan anda mengenai Jenis Robot dapat menyimak tulisan saya sebagai berikut:

a.1) Robot Mobile

Robot Mobile atau robot bergerak adalah sebuah mesin yang memiliki standar khusus berupa roda untuk bisa digerakan secara keseluruhan dalam melakukan perpindahan posisi dari satu lini ke lini lainnya. Robot tersebut dapat digunakan manusia sebagai alat transportasi pengiriman atau memindahkan barang, perlakuan kegiatan layaknya manusia, eksploitasi industri, dan masih banyak lagi.

Robot Mobile untuk saat ini menjadi sangat populer di bidang penelitian robotika dan juga sudah dijadikan sebuah cakupan lomba bagi pelajar karena mempunyai spesifikasi cara pembuatan yang simple dan sederhana. Pada hal ini, minimal pelajar harus terlebih dahulu mengetahui kaitan tentang mikrokontroler (sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umumnya dapat menyimpan program data), serta sejumlah peralatan sensor elektronik.

a.2) Robot Humanoid

Ini merupakan robot yang dirancang khusus persis seperti seorang manusia terkait anggota tubuhnya dengan kemampuan untuk melakukan interaksi terhadap lingkungan sekitar. Mengapa saya mengapa mirip manusia? Tentu, secara detail jika dilirik dari ujung kepala hingga ujung kaki, serupa halnya dengan bentuk tampilan tubuh manusia sediakalanya.

Robot Humanoid yang menggunakan sistem penginderaan dapat bermanfaat sebagai alat riset ilmu pengetahuan dan membantu pekerjaan manusia seperti melayani pengunjung restoran, membersihkan rumah serta pemberdayaan industri tertentu. Dalam kasus ini, Robot Humanoid telah dijual secara umum untuk pasar ilegal.

a.3) Robot Manipulator

Robot Manipulator adalah jenis robot yang memiliki bentuk atau struktur seperti tangan manusia. Robot ini biasanya disebut dengan “robot tangan” yang bisa berguna di bidang industri sebagai alat pembantu untuk memegang atau memindahkan barang-barang berat, mengelas, memasang mur, baut pada produk, dan sebagainya. Dengan tool pergelangan tangan yang dirancang khusus dari struktur lengan hingga sendi, robot tersebut juga dapat bekerja dalam menjangkau sudut sempit sekalipun.

a.4) Robot Spot

Salah satu perusahaan yang bermarkas di negara Amerika Serikat, Boston Dynamics adalah produsen jenis robot bernama ‘Spot’. Robot Spot dilahirkan sejak tahun 2016 lalu oleh perusahaan tersebut yang bekerjasama dengan Google dengan dapat digunakan sebagai media search and rescue (SAR), pemetaan, ataupun meninjau lokasi bencana.

a.5) Flying Robot

Flying Robot alias robot terbang merupakan jenis robot yang dapat bergerak di udara seperti burung, capung, pesawat, helikopter, dan lain sebagainya. Jenis robot ini biasanya dapat dikendalikan menggunakan remote secara wireless atau tanpa kabel, serta ada juga yang berjalan dengan memakai koneksi internet (komputer) sesuai program inputnya. Robot ini bisa sangat berguna dalam mendeteksi ruas jalan, pantauan, dll.

a.6) Robot Toyota Humanoid

Ini adalah sebuah robot yang secara khusus dibuat oleh perusahaan Jepang bernama Murata Manufacturing Co., Ltd. Robot ini memiliki kedua belah tangan dan pergelangan tangan yang sangat elastis (fleksibel) dimana dapat memainkan alat musik biola layaknya seorang manusia. Tangan kirinya bisa mengatur intensitas tekanan yang dibutuhkan pada senar biola sehingga dapat menghasilkan nada yang merdu nan indah. Selain itu pula, Robot Toyota Humanoid ditergetkan bisa berguna dalam melakukan pekerjaan rumah tangga ataupun melindungi setiap pemiliknya.

a.7) Underwater Robot

Underwater Robot atau robot air merupakan salah satu jenis robot berteknologi tinggi yang dapat berguna sebagai “perenang” atau pelacak keadaan bawah laut. Mengambil suatu objek yang diinginkan oleh manusia di bawah laut juga bisa dikerjakan robot tersebut.

Banyak ilmuwan yang telah menggunakan alat satu ini dalam tujuan mengamati organisme laut, menyelidiki bangkai kapal, melihat situasi, dan lainnya.

a.8) Legged Robot

Legged Robot atau robot berkaki adalah jenis robot yang dapat bergerak dan berpindah tempat dari masing-masing titik dengan menggunakan kaki-kaki seperti laba-laba atau kepiting. Jumlah kaki dari tiap robot berkaki ini bermacam-macam, bisa disesuaikan dapat keperluan. Robot jenis ini juga biasa disebut sebagai robot serangga.

a.9) Robot Jaringan

Itu adalah sebuah robot yang umumnya dapat dijalankan dengan menggunakan jaringan internet saluran TCP/IP. Awal terbuatnya Robot Jaringan dikarenakan adanya peningkatan secara drastis mengenai koneksi internet. Kelebihan dari robot tersebut yaitu bisa diaktifkan dan dikontrol tanpa harus memakai kabel internet atau non wireless.

a.10) Robot Motoman

Robot Motoman merupakan sebuah robot yang pada awalnya dirancang dengan penggunaan  SDA1 untuk merakit kamera digital disposable. Akan tetapi, bukan hanya itu saja kegunaan dari Robot Motoman ternyata robot tersebut juga dapat mengendalikan diri untuk memasak jenis hidangan tertentu seperti Okonomiyaki. Robot pintar ini adalah hasil ciptaan perusahaan Yaskawa Electric asal “Negeri Sakura”.

a.11) Robot Riley

Riley adalah jenis Robot yang didesain untuk menjaga dan memantau kondisi rumah (sama halnya dengan CCTV). Dalam kasus ini, pemilik rumah tidak perlu merasa khawatir lagi dengan adanya maling atau pencuri saat berpergian karena Riley telah dilengkapi kamera HD, teknologi night vision, dan motion detection sehingga sangat sensitif akan respon cepat gerakan yang mencurigakan.

Yaps, itulah beberapa jenis robot yang diketahui memiliki fungsi atau manfaat masing-masing. Secara rinci, fungsi robot tersebut bisa berguna sebagai media informasi dari lingkungan, dapat diprogram, dapat melaksanakan tugas manusia, cerdas, bekerja secara otomatis, dan dapat digunakan di industri.

b. Komponen Robot

Terdapat sejumlah macam komponen yang terletak didalam robot. Seperti apa saja? Silahkan lihat dibawah ini:

b.1) Kontroler

Ini adalah bagian paling utama pembuatan robot. Kontroler berguna sebagai laju program, menerima atau mengelolah tiap informasi (input sensor), mengirim atau mengendalikan sistem output pada actuator-indikator maupun audio. Microcontroller merupakan jenis yang tenar saat ini dan banyak digunakan oleh semua teknisi robotika.

b.2) Manipulator

Manipulator memiliki dua bagian, yaitu bagian dasar dan bagian tambahan. Bagian dasar manipulator terpasang pada lantai area kerja ataupun rel. Rel berfungsi sebagai path atau jalur sehingga memungkinkan robot untuk bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam satu area kerja. Bagian tambahan merupakan perluasan dari bagian dasar, bisa disebut juga lengan/arm. Bagian ujungnya terpasang efektor yang berfungsi untuk mengambil/mencekam material. Manipulator digerakkan oleh actuator atau disebut sistem drive.

b.3) Actuator

Ini merupakan salah satu bagian yang juga sangat berpengaruh untuk pembentukan gerakan sebuah robot. Sama halnya dengan kaki seorang manusia dimana Actuator dapat berguna sebagai motorik pemindahan tempat robot itu sendiri. Motor Servo adalah pilihan tepat untuk pembuatan robot yang mana bisa diatur sesuai putarannya.

b.4) Efektor

Efektor berfungsi sebagai bagian yang bisa menghubungkan antara manipulator dengan objek yang akan dijadikan peramban kerja robot. Efektor pada sebuah robot bisa melakukan pekerjaan seperti mekanik, elektrik, pneumataik (grifer), maupun hydrolik.

b.5) Sensor

Sensor adalah komponen yang dapat menghasilkan sebuah sayatan tajam bagi robot. Dengan adanya alat sensor, maka robot bisa berfungsi baik sebab robot merupakan barang yang dibuat menggunakan sistem elektronik bertaraf teknologi canggih untuk mengidentifikasi ruang lingkupnya. Ada beberapa alat sensor pada robot, misalnya Touch Sensor, Light Sensor, Color Sensor, Distance Sensor, Sound Sensor, Balance Sensor, Gas Sensor, dan Temperatur Sensor.

b.6) Battery

Ini juga merupakan bagian yang sangat diperlukan sesudah terbentuknya sebuah rancangan robot untuk dapat digerakan. Pada kasus ini, robot bisa berjalan dan terpakai sesuai keinginan apabila adanya sumber dari Battery atau sejenisnya.

b.7) Kabel

Kabel adalah suatu bagian atau komponen yang akan berfungsi untuk meng-input atau meng-output data didalam sebuah robot. Kabel yang biasanya digunakan untuk pembuatan robot ada 2 jenis yakni kabel data dan kabel listrik. Kabel data berfungsi untuk menerima dan mengirim data. Sedangkan kabel listrik berguna sebagai penyabung antara energi battery terhadap kontroler, actuator, dan sensor.

b.8) Frame

Ini biasanya juga digunakan sebagai alat penyangga sistem servo untuk sebuah robot. Selain itu, keelastisan yang umumnya terlihat pada robot adalah penggunaan komponen Frame.

b.9) Chassis

Sebuah komponen berbentuk rangka atau badan yang wajib dipergunakan untuk pembentukan robot. Chassis menjadi bagian penting pada tampilan robot.

b.10) Support

Untuk bisa mempersatukan sebuah rangkaian robot secara baik, maka sistem Support atau alat pendukung seperti baut dan mur sangatlah dibutuhkan.

Hem, semua yang telah dijabarkan diatas pada bahagian (b) adalah/merupakan alat ataupun komponen sangat berefek tegang untuk pembuatan robot.


Kesimpulan: Robot merupakan rancangan mesin yang bisa secara otomatis diandalkan oleh manusia. Sekian dan Terima Kasih… 

Related posts