Peluncuran Nokia 3310 Versi Baru Membuktikan Nokia Belum Punah, Yuk Cari Tahu!

Nokia adalah sebuah perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi multinasional asal Finlandia. Perusahaan ini didirikan oleh Fredrik Idestam, Leo Mechelin dan Eduard Polón sejak tanggal 12 Mei 1865 yang berkantor pusat di Espoo, Uusimaa.

Menurut informasi yang dilansir dari Fortune Global 500, Nokia merupakan salah satu perusahaan terbesar dari 274 lainnya yang ada di dunia berdasarkan indeks pasar saham pendapatan tahun 2013. Meski demikian, Nokia juga pernah terlibat jual-beli kepemilikan saham lantaran beberapa kasus yang menimpa diantaranya yaitu perampokan di virtual reality serta pengakusisian terhadap sebuah perusahaan telekomunikasi dan alat kesehatan digital asal Perancis, Alcatel-Lucent pada tahun 2016. Sementara itu, kini Nokia kembali diambil alih oleh perusahaan HMD Global yang memiliki hak dalam pemasaran ponsel.

Yah, itulah sekilas sejarah dari Nokia yang sudah bertahun-tahun ini kurang terdengar di telinga kita. Padahal sudah begitu banyak ponsel berteknologi canggih dengan merek lainnya yang telah bertaburan diluar sana, tetapi akibat vacum yang terlalu lama, sebagian besar orang mungkin telah menunggu reaksi cepat dari Nokia. Lihat saja dengan berserakannya merek-merek ponsel atau smartphone yang senantiasa telah dijiplak negara Cina dan telah beradar luas di tanah air kita, Indonesia.

Jujur saja saya sedikit kecewa dengan apa yang dilakukan oleh Nokia lantaran vacum begitu lama, dan oleh sebabnya saya juga senang memakai produk Nokia sejak dulu namun ketiadaan kabar dari Nokia yang kurang update terkait ponsel canggih telah memaksa saya untuk memiliki ponsel dengan merek lain.

Bukan sekedar curahan hati saya saja, Nokia memang masih saya anggap sebagai salah satu produk ponsel paling bermutu dan berkualitas terbaik dengan harga terjangkau yang pernah saya miliki. Dahulunya, saya pernah memiliki ponsel Nokia 3310 yang bagi saya adalah buruk dari segi desain namun berkualitas.

Namun, setelah saya melihat sejumlah artikel di Google, tampak pemberitaan yang mengabarkan informasi terkait Peluncuran Nokia 3310 Versi Baru dimana mungkin anda sudah mengetahuinya. Alangkah senang hati saya ketika membaca artikel tersebut karena Terbukti Nokia Belum Punah. Dengan beberapa pembenahan terbaru dan mutakhir, Nokia sekarang siap untuk kembali bersaing secara global di pasar ponsel. Yuk Cari Tahu!

Kapan Nokia 3310 Versi Baru Diluncurkan?

Sesuai apa yang saya katakan sebelumnya bahwa saya juga pernah memiliki ponsel Nokia 3310 tapi jadul. Namun, ponsel jadul tersebut juga tercatat pernah sukses sekitar lebih dari satu dekade lalu dengan terjualnya 126 juta unit, kini oleh sang pemilik yaitu HMD Global kembali meluncurkan Nokia 3310 versi baru dengan sentuhan cukup modern.

Seperti dikutip dari laman Cnet, ada sejumlah perubahan drastis termasuk dari segi bentuk yang terlihat lebih ramping serta menghadirkan warna-warna yang lebih cerah untuk seri kali ini.

Nokia 3310 versi baru itu sendiri telah diperkenalkan dihadapan publik Barcelona, Spanyol bertempat di Museum of Contemporary Art sehari sebelum ajang Mobile World Congress (MWC) dilaksanakan, Minggu (26/02/2017). Penyampaian itu disampaikan langsung oleh CEO HMD Global, Arto Nummela.

” Nokia 3310 terbaru punya baterai yang tahan lama hingga 22 jam talk time dan 1 bulan masih standbay”, kata Nummela.

Kapan Nokia 3310 Versi Baru Diluncurkan?

Selain itu, desain layarnya juga cukup besar, dinamis berbentuk lebih melengkung yang bakal membuat pengguna saat melihat layar tidak tampak silau di bawah terik matahari. Meskipun keypad yang dipakai masih numerik (kayak dulu) namun tampak sedikit berbeda pada bagian bawah layar yang terdapat tiga tombol keren dengan macam fungsi seperti dari kanan untuk memanggil/menerima telepon, tombol navigasi/menu dan tombol menolak panggilan.

Selain itu juga masih ada game klasik yang mungkin semasa kecil sering kita mainkan pada Nokia tersebut yakni Snake. Ponsel ini dapat juga menggunakan duo-SIM Card walaupun OS Android belum terpasang dimana anda tidak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi populer layaknya WhatsApp, BBM, Line dll akan tetapi Nokia is the best.

Rencananya, Nokia 3310 versi baru tersebut akan dibandrol dengan harga € 49 yang bila di Rupiahkan yaitu Rp. 700.000 per unitnya. Namun disayangkan, belum ada kepastian kapan Nokia ini akan segera diedarkan ke Indonesia.

Berikut ini saya akan menerangkan spesifikasi lengkapnya;

Keberadaan Dalam Kotak: Pengisi daya Nokia Micro-USB, Headset WH-108 serta kertas bertuliskan panduan singkat.

Desain: Warna merah, biru tua, kuning dan abu-abu dengan ukuran 115,6 x 51 x 12,8 mm.

Jaringan Dan Konektivitas: Kecepatan jaringan 2G serta GSM 900/1800 MHz.

Kinerja: Sistem operasi Nokia Series 30 plus.

Penyimpanan: Memori internal 16MB4 dan kartu MicroSD yang mencapai 32 GB (dijual terpisah).

Audio: Konektor 3.5 AV mm, radio FM dan MP3 player.

Tampilan: Ukuran dan tipe 2,4 “QVGA.

Kamera: Kamera depan 2MP dan terdapat lampu LED flash.

Konektivitas: Micro USB (USB 2.0), bluetooth 3.0 dengan SLAM.

Daya Tahan Baterai: Jenis baterai 1200 mAh yang dapat bongkar-pasang.

Jangkauan Baterai: Waktu bicara maksimal 22.1 jam, siaga 31 hari, pemutaran MP3 51 jam serta pemutaran radio FM 39 jam.

Nokia Siap Bersaing Di Pasar Global

Dalam ajang Mobile World Congress, Nokia tidak hanya memperkenalkan seri 3310 nya saja, tapi juga ada tiga buah ponsel pintar edisi terbaru yang akan diluncurkan seperti Nokia 3, 5 dan 6.

Menurut konsultan CSS Insight, Ben Wood, mengungkapkan peluncuran kembali beberapa seri Nokia ikonik merupakan strategi yang cukup pintar.

Seperti penuturan Wood dan dikutip dari BBC, “Nokia 3310 adalah ponsel pertama yang terjual secara laris dan rupanya masih ada nostalgia yang tinggi terhadap produk itu. Jika HMD hanya mengumumkan tiga perangkat Android mereka, maka mereka nyaris tidak akan mendapat publikasi di media, sehingga peluncuran Nokia 3310 ini merupakan langkah yang mesti diambil.

Selain meluncurkan kembali ponsel 3310, HMD juga menampilkan tiga ponsel pintar baru yakni Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6 dan akan dijual dalam harga yang berbeda-beda. Namun, Nokia 6 sendiri saat ini sudah ada di pasarkan di Tiongkok dan segera dijual secara global.

“Kami pikir (Nokia) bisa mengambil ceruk 5 persen dari pasar ponsel pintar global di akhir tahun 2019. Tetapi, mereka membutuhkan pasar yang besar dan cepat atau jika tidak strategi itu gagal,” kata Wood.

Intinya adalah Nokia sebagai salah satu perusahaan pembuat ponsel yang terkenal sudah cukup lama melakoni bidang tersebut dan mendunia dimana pernah vacum sangat lama, untuk sekarang ini menyatakan diri Siap Bersaing Di Pasar Global.

Data Dan Fakta Menarik Seputar Nokia 3310

Ada sejumlah data dan fakta menarik seputar Nokia 3310 yang mana patut untuk anda ketahui. Berdasarkan dari beberapa sumber terpercaya, inilah data serta fakta menariknya:

  • Nokia 3310 dilahirkan kembali bertujuan untuk membawa kenangan (nostalgia) segala sesuatu yang pernah anda cintai. Sebuah ponsel keypad dengan casing plastik yang selalu menyertai segala aktivitas anda.
  • Ponsel ini mempunyai daya tahan baterai hingga 25 hari dalam kondisi standbye dan waktu bicara hingga 22 jam.
  • Hanya memiliki game klasik Snake.
  • Tidak menggunakan touchscreen, semua dilakukan melalui keypad.
  • Tidak memiliki Wi-Fi, yang terus-menerus dapat menyerap baterai ponsel anda.
  • Tidak didukung aplikasi seperti ponsel Android, selain dari pra-instal yang tersedia melalui Opera Store.
  • Tersedia dalam empat pilihan warna, yakni merah, kuning, abu-abu dan biru.
  • Bodi ponsel menggunakan plastik-y-ness.
  • Tampilan layar QVGA 2,4 inci
  • Berjalan pada perangkat lunak (software) seri Nokia 30+, bukan Android seperti yang didesas-desus kan.
  • Dilengkapi slot microSD
  • Kamera 2 megapiksel.
  • Nokia 3310 akan tersedia pada kuartal kedua (Q2) 2017.
  • Harga yang ditawarkan 49 euro (sekitar USD50) atau senilai Rp. 700.000. Artinya, anda bisa membeli 13 ponsel jika diperbandingkan dengan harga seunit iPhone 7.
  • Tidak hanya beragam fitur dan gim yang tersedia di dalamnya, Nokia 3310 pun sebenarnya memiliki fitur personalisasi. Ponsel ini memiliki cover yang dapat diganti (Xpress-On) dan modus getar-sunyi yang belum ada di ponsel lain saat itu.
  • Ponsel ini juga dikenal sebagai produk yang tahan banting. Tidak sedikit pengguna yang menyebut daya tahan ponsel ini sangat baik. Beberapa menyebut ponsel ini masih bisa bertahan dari serangan api dan air.
  • Nokia juga menyertakan fitur predictive text input pada sistem perpesanannya, mirip dengan autocorrect saat ini. Tidak sekadar itu saja, beragam fitur lain seperti kalkulator, Voice Dial, modus chat di SMS, profil, dan konverter mata uang juga telah tersedia.
  • Reputasi Nokia 3310 di internet sangat besar. Selain menjadi ‘tokoh utama’ berbagai meme lucu yang melebih-lebihkan kekuatannya, banyak video yang sengaja dibuat untuk menguji ketahanan ponsel ini. Dalam video-video tersebut, Nokia 3310 dijatuhkan dari tempat yang sangat tinggi atau dihantam berbagai benda keras, dan berkali-kali ponsel monokrom ini ternyata bisa bertahan.

Nah demikianlah informasi terkait Peluncuran Nokia 3310 Versi Terbaru yang bisa saya sampaikan kepada pemirsa sekalian. Semoga artikel saya ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda yah? Terima kasih…

Related posts