Benarkah Layanan 5G, Penerus 4G & 3G Bakal Diuji Coba Sebelum Akhir Tahun Ini?

Layanan 5G, Penerus 4G & 3G Bakal Diuji Coba Sebelum Akhir Tahun Ini?

Benarkah Layanan 5G, Penerus 4G & 3G Bakal Diuji Coba Sebelum Akhir Tahun Ini? – Mungkin kita semua telah mengetahui seperti di era sekarang ini, penggunaan telepon pintar atau smartphone kian hari kian bertumbuh pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjualan dari beragam macam merk ponsel di pasaran. Namun, sudah tahukah kamu bahwa memiliki satu atau lebih dari satu ponsel pintar tidak akan lengkap apabila tidak mempunyai suatu jaringan? Jaringan yang saya maksudkan disini adalah koneksi internet. Koneksi internet tersebut dapat sangat berguna bagi para penggunanya dimana bisa melakukan searching, mencari informasi, data, berita seputar dunia, dan lain sebagainya di beberapa media secara online. Semua orang sudah paham akan hal ini bukan?

Koneksi internet 3G dan 4G yang bakal diperbarui dengan 5G

Nah, ada berbagai macam jaringan dengan layanan berupa 3G dan 4G yang mungkin saja pernah kamu pakai atau pergunakan dalam mengoptimalkan penggunaan smartphone maupun perangkat lainnya. Meski tidak terlalu jadul (ketinggalan jaman), kedua layanan itu, memang secara perlahan harus di ubah segera dalam memperbaharui teknologi berupa koneksi internet menjadi lebih baik lagi.

Sekilas tentang 3G…

3G adalah salah satu koneksi internet yang mana merupakan generasi ketiga teknologi telekomunikasi sesudah layanan 1G dan 2G. Jaringan yang didirikan oleh International Mobile Telecommunication-2000 (IMT-2000) sejak era 90-an tersebut ini telah mendapat persetujuan dari International Telecommunication Union (ITU).

Jaringan Internet 3G

Perangkat itu dapat digunakan pada tiap aplikasi yang terdapat di smartphone untuk melakukan panggilan video, akses ke internet, menonton Youtube, dan sekaligus terkoneksi langsung ke komputer ataupun laptop. Jaringan 3G juga mendukung layanan informasi dengan kecepatan transfer minimal 2 Mbit/s.

Sekilas tentang 4G…

4G merupakan suatu inovasi terbaru daripada jaringan seluler 3G. Sistem yang telah di rekomendasikan oleh ITU tersebut, memiliki kemampuan cukup potensial dalam beberapa hal seperti misalnya dapat mengakses web mobile, IP telephony, layanan game, menonton layar Youtube dan TV streaming berkualitas High, bisa melakukan live streaming video, dan juga menyaksikan TV versi 3D.

Jaringan 4G keluaran terbaru seuasi 3G

Dengan adanya standar Long Term Evolution (LTE), koneksi itu sudah diluncurkan secara komersil di dua negara yakni Oslo, Norwegia, dan Stockholm, Swedia, pada tahun 2009. Akan tetapi, wacana ini masih dalam perdebatan terkait dimana sebenarnya negara yang memang benar-benar telah merilisnya (4G) untuk pertama kali.

Layanan 5G, Bakal Diuji Coba Sebelum Akhir Tahun Ini?

Menurut kabar berita yang telah tersiar di beberapa sumber media menyebutkan bahwa Layanan 5G tersebut direncanakan memang bakal siap diuji coba pada sebelum akhir tahun 2017 ini. Layanan dengan jaringan 5G itu digadang-gadang dapat mengalahkan koneksi super cepat dari 4G LTE.

Ada dua perusahaan seluler asal Amerika Serikat yang mengemukakan tanggapannya mengenai wacana demikian. Perusahaan AT&T sempat berujar terkait pengujian jaringan 5G yang akan dilakukan di Austin, Texas, pada akhir tahun ini. Sementara itu di lain sisi, menurut sumber dari ReviewJournal, satu perusahaan lainnya bernama Verizon, sebenarnya pernah ingin melakukan uji coba perangkat tersebut sejak setahun yang lalu, namun masih terkendala. Akan tetapi, berkat penangan secara berkala, perusahaan itu siap mengimplementasikan layanan 5G di tahun 2017 ini.

Dalam pengujiannya tersebut, Verizon akan bekerjasama dengan Ericsson dan Intel untuk melihat terlebih dahulu pengembangan secara internal sebelum proses trial di luar ruangan dimulai. Setidaknya, perusahaan Verizon berkeinginan dalam berbagi roadmap 5G kepada setiap penggunanya.

Jaringan 5G yang bakal menggantikan 4G

“Pengalaman baru seperti virtual reality, mobile self-driving, robotika, smart city dari produk layanan 5G itu bisa membantu semua menjadi kenyataan,” kata Direktur Strategi AT&T, John Donovan, pada pernyataan tertulisnya, Kamis (18/2).

Lebih lanjut ia juga mengatakan, jika jaringan 5G tersebut mempunyai kapasitas kecepatan diantara 10 s/d 100 kali lebih efisien daripada 4G. Dan sebagai pertimbangannya lagi, ini memungkinkan kestabilan koneksi serta mengurangi permasalahan lag yang lebih sedikit jika pengguna memencet tombol dan mendapat jaringan untuk memutar video, mendownload, ataupun memungsikan GPS.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan komunikasi lewat jaringan tersebut secara cepat dan responsif. Tentu hal seperti inilah yang ditunggu oleh para pengguna internet di dunia, baik itu mencakup hal menggunakan smartphone, maupun jenis teknologi lainnya bukan?

Nah, untuk dapat bisa menggunakan jaringan 5G seperti ini, maka tiap perangkat mobile phone harus memiliki standar seperti dibawah:

  • Kecepatan data 100 megabit per detik untuk wilayah metropolitan.
  • Kecepatan data puluhan megabit per detik untuk puluhan ribu pengguna.
  • Pada perusahaan yang memiliki kantor hanya boleh diakses 1 Gb per detik secara bersamaan.
  • Meningkatkan cakupan 5G secara signifikan.
  • Sebisa mungkin menutup koneksi 4G.

Related posts