Jenis Aplikasi Mobile Yang Populer

Di era modern saat ini, teknologi menjadi kebutuhan yang sangat penting dan membantu diri kita. Banyak macam teknologi yang sudah berkembang pesat di jagat kehidupan kita sekarang, terutama mobile. Namun, teknologi bertaraf canggih ini akan jadi lebih menarik, menakjubkan, mengagumkan, bahkan lebih handal ketika ragam aplikasi telah terpasang didalamnya. Semua dapat berguna bila teknologi tersebut memiliki aplikasi yang bisa mengidentifikasi, contohnya; Browsing, pekerjaan kantor, berjualan, belajar, hiburan dll adalah/merupakan secerca kegiatan aplikasi demikian.

Oleh karena itu, mengapa saya berkata ‘teknologi mencakup Jenis Aplikasi tertentu bisa membantu anda, benar bukan?’. Banyak orang bahkan sekalipun pengusaha besar tidak hanya menggunakan aplikasi teknologi komputer saja dalam melakukan aktivitasnya tetapi mobile phone yang dianggap gampang, mudah dibawa, dan bisa diakses dimana pun berada (asalkan memiliki koneksi internet) menjadi lebih sederhana sebagaimana Alasan Perusahaan Meluncurkan Aplikasi Mobile tersebut. Beberapa penawaran pun bermunculan dari pengembang Aplikasi Mobile dengan harapan bisa menjadi Yang Terpopuler.

 

Apa itu Aplikasi mobile?

Aplikasi mobile adalah sebuah sistem perangkat lunak yang memungkinkan setiap pemakai melakukan mobilitas dengan perlengkapan PDA-asisten digital perusahaan pada telepon genggam atau seluler. Android dan iOS merupakan sistem operasi mobile yang untuk saat ini merajai pasaran. Aplikasi mobile juga dikenal sebagai web app, online app, iPhone app atau smartphone app.

Aplikasi mobile merupakan peningkatan dari sistem perangkat lunak terpadu yang umumnya ditemukan pada PC Desktop. Pada awal kemunculannya, aplikasi menyediakan fungsionalitas yang terbatas dan terisolasi seperti permainan, kalkulator atau mobile Web browsing sehingga aplikasi sangat dihindari karena multitasking yang ‘memakan’ sumber daya hardware perangkat mobile yang awalnya cukup terbatas. namun, jaman sekarang ini dengan dukungan sumber daya hardware yang lebih tinggi, aplikasi telah menjadi hal yang tak terpisahkan dengan perangkat mobile sebab mereka mampu melakukan apapun dengan mudah.

Aplikasi mobile paling sederhana mengambil aplikasi berbasis PC dan porting ke perangkat mobile. kini para ahli mengembangkan aplikasi khusus untuk lingkungan mobile, mengambil keuntungan dari keterbatasan dan keuntungan. Sebagai contoh, aplikasi yang menggunakan fitur-fitur berbasis lokasi inheren dibangunkan dari chip micro mobile, ini mengingat bahwa smartphone mobile tidak memiliki konsep yang dengan PC komputer.

Aplikasi seluler juga mungkin dikenal sebagai app, Web app, online app, iPhone app atau smartphone app.

1. Native

Dalam dunia pengembangan mobile, Anda juga dapat mengembangkan Native aplikasi mobile untuk iOS, Android atau Windows, atau Anda dapat memilih dua rute lain yaitu hybrid atau cross-platform. Sementara aplikasi Native menawarkan pengalaman pengguna dan performa yang tak tertandingi, tidak setiap perusahaan memiliki sumber daya untuk mengembangkan Native aplikasi  untuk setiap platform. sedangkan Cross-platform khusus  menciptakan alternatif yang fleksibel, efisien untuk menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan pada berbagai platform dan perangkat tanpa harus sepenuhnya ditulis ulang untuk masing-masing.

Native adalah sebuah aplikasi yang ditujukan pada perangkat mobile Android, iOS, Symbian, Windows Phone, WebOS dan lainnya. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Objective-C atau Swift dan Java, kemudian juga alat Software Development Kit (SDK) yang ditanam (install) langsung kedalam perangkat mobile.

Aplikasi Native bisa berfungsi baik untuk anda yang menginginkan penggunaan GPS, kamera, mikrofon, kompas, daftar kontak, swipe gestures (layar sensor) dan sebagainya dimana juga bisa aktif ketika koneksi internet tiada karena memiliki sistem notifikasi pada platform. Aplikasi ini bisa anda dapati di Google Play atau App Store.

 

2. Website

Aplikasi ini sedikit berbeda dengan Native apps, letak perbedaannya yaitu bahasa pemrograman serta Mobile Website hanya dapat diakses ketika koneksi internet aktif lalu juga tidak tersedia di Google Play dan App Store. Bahasa pemograman yang digunakan aplikasi mobile website adalah html5, javascript, dan Active Server Pages (ASP) ditambahkan komponen seperti php, database, CSS (Cascading Style Sheets) ataupun lain sebagainya.

Aplikasi Mobile Website bisa anda akses dan jalankan melalui URL (alamat situs) kemudian pada halaman tersebut akan tampak pilihan “Memasang” lalu buatlah Bookmark, selesai. Maka anda dapat melakukan “pencarian” atau browser apapun dari mobile website. Kegunaan samanya yaitu sebagai GPS, tap-to-call, kamera, dll. Inilah mengapa, website app menjadi sebuah aplikasi yang hingga sekarang masih populer pemakaiannya.

3. Hybrid

Aplikasi Hybrid adalah sebuah aplikasi yang juga populer pada lingkaran mobile. Sebagian penggunaan alat ini terdiri dari kedua perangkat aplikasi sistem yang telah disebutkan diatas (Native dan Website), contoh> html5, css, javascript dan php beserta alat lain seperti Apache Cordova, Rubymotion, Appcelerator Titanium yang bakal dibungkus menjadi satu aplikasi mobile bernama Hybrid. Dengan fungsi beragam, andaikan saja sebagai fitur kamera, GPS, penyimpanan data atau bisa juga browser; aplikasi ini sangat tepat untuk anda download di Google Play-App Store.

4. Mobile Game

Apakah anda penyuka game? Jika iya jawabannya, maka aplikasi satu ini sangat wajar untuk anda miliki. Mobile Game merupakan sebuah aplikasi video game yang dikemas kedalam fitur Android, iOS, smartwatch, PDA, media player portable atau kalkulator. Aplikasi ini menggunakan pemrograman web dengan basis html5 dan php yang juga terdiri dari sebagian perangkat aplikasi Hybrid. Keunggulan lain aplikasi Mobile Game yaitu wallpaper menarik, ringtones, platform SMS murah dan masih banyak lagi. Boleh donk untuk anda coba miliki aplikasi satu ini?

Seluruh aplikasi mobile yang sudah saya nyatakan diatas ternyata tidak hanya dapat diakses via Google Play ataupun App Store saja namun tetapi apps detik juga bisa anda install.

Perbedaan Native Dan cross-platform

Aplikasi Native hanya dijalankan satu platform karena mereka telah secara khusus ditulis untuk app itu, apakah itu sebuah aplikasi iOS yang ditulis di Objective-C dan Swift, atau aplikasi Android yang ditulis di Jawa dan Kotlin. Yang ditulis khusus untuk platform tersebut memiliki keuntungan: kode dioptimalkan untuk sistem operasi, itu dapat dijalankan secara native pada perangkat tanpa kompilasi atau bungkus web, memiliki akses langsung ke fitur perangkat, dan memberikan pengguna paling asli-perasaan user interface (UI).

Sedangkan untuk Aplikasi Cross-platform memiliki keuntungan, mereka mengizinkan pengembang mobile untuk membuat satu kode sumber untuk sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi web yang umum, yang kemudian mengubah platform ke kode untuk lingkungan asli. Manfaat? Ada kinerja seperti aplikasi yang lebih asli daripada aplikasi hybird. Juga, pengembang dapat menggunakan kembali kode yang sudah telah ditulis, membiarkan platform menangani saat kompilasi. Hal ini lebih cepat dan lebih efektif.

Update: Ini 3 Jenis Aplikasi Mobile yang Bakal Booming di 2017

Seperti dikutip dari sumber Tekno Liputan6.com, ada 3 jenis aplikasi mobile yang digadang-gadang bakalan booming pada tahun 2017 antara lain Niche Market, Aplikasi GPS atau Real Time, dan Big Data. Ketiga aplikasi itulah yang menurut pendapat seorang Chief Marketing Officer GDP Venture bernama Danny Wirianto akan segera booming di era modern 2017 ini.

Sedikit penjelasan dari saya, Niche Market adalah sebuah aplikasi mobile yang mencakup berbagai aktivitas seperti motorcycle khusus buat pria dan make up bagi wanita. Sedangkan Aplikasi GPS atau Real Time merupakan sebuah aplikasi mobile yang berguna untuk menjalin hubungan baik antara pengusaha bisnis terhadap konsumen dimana juga pengusaha dapat mengembangkan bisnisnya melalui pantau area yang strategis. Kemudian Big Data yakni aplikasi mobile diperuntukan bagi orang/pengguna internet yang suka membagikan data pribadi atau personal dan juga bisa menyimpan data pribadi mereka sendiri.

Demikianlah penyampaian mengenai jenis aplikasi mobile yang populer dari saya, Ady Khan (penulis konten). Semoga bermanfaat buat anda dan pembaca lainnya yah? Terima Kasih…

 

 

 

 

Related posts