Google Rilis App Motion Stills Untuk Android, Apa Fungsinya?

Sudah sejak setahun belakangan ini Google tercatat telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama Motion Stills untuk iOS, dan pada akhirnya perusahaan juga membuat keputusan yang serupa terhadap Android.

Jika anda sudah tahu tentang Motion Stills tersebut, mungkin anda juga termasuk dari salah satu orang pengguna ponsel ataupun tablet komputer yang menginginkan Google merilisnya di Android. Motion Stills merupakan aplikasi dari Google Research yang memungkinkan anda untuk merekam video singkat dan mengubahnya menjadi cinemagraph yang indah maupun konten sinematik lebar, dengan menggunakan teknologi stabilisasi serta peredaran canggih.

Secara eksklusif, Motion Stills yang sudah diluncurkan pertama kalinya ke iOS tahun 2016 lalu, sangat diterima baik oleh penggunanya. Namun bukan hanya iOS saja yang mendapatkan fitur semacam ini, akan tetapi pada hari Jumat (21/7/2017) kemarin, pihak Google secara resmi mengumumkan serta merilis aplikasi itu ke Android dimana setiap penggunanya bisa memiliki dan menggunakannya dalam sistem Android 5.1 atau lebih besar, kemudian menginstall di Play Store.

Dalam Motion Stills Android, Google rupanya juga mendesain ulang pipa pemrosesan iOS video agar dapat melakukan streaming secara lancar dan setiap framenya bisa direkam otomatis. Sehingga hasilnya akan tampak lebih stabil, menyusun video berurutan, serta memungkinkan pengguna berbagi GIF tanpa harus menunggu. Cara yang diperlukan untuk dapat melakukannya yaitu klik tombol kamera, yang dengan otomatis langsung menangkap klip selama tiga detik demi mengulangi GIF selanjutnya.

Memangnya hanya bisa dilakukan dalam tempo tiga detik sajakah? Tidak, aplikasi itu juga dapat melakukan tangkapan selama satu menit dan segera mengebunkannya menjadi klip yang lebih pendek dengan penggunaan fitur Fast Forward. Bukan itu saja, ternyata anda juga bisa mengubah kecepatan saat pemutaran hingga delapan kali lebih cepat, dimana secara otomatis bagiannnya akan disulap jadi stabil. Tambahan fitur berikutnya yang dilakukan Google pada Android yakni sistem pemangkasan algoritma juga sangat baik, yang mendukung tiap jepretan dan getaran kamera tanpa disengaja, namun tetap mengusung tidak ada pemakaian koneksi internet layaknya di iOS ketika membuat GIF.

Fungsi lengkap dari Motion Stills seperti diantaranya:

  • Merekam klip singkat 3 detik hanya dengan tap atau memperpendek durasi video maksimum 1 menit menjadi klip yang mudah ditonton dengan mode Fast Forward (Maju Cepat).
  • Membagikan Motion Stills sebagai GIF atau video berputar, langsung kepada teman.
  • Membuat film dengan menggabungkan klip hanya dengan menggeser ke kanan.
  • Mengakses klip yang direkam dalam aliran, atau membaliknya satu per satu dan melihatnya diputar secara otomatis.
Sumber: Android Authority dan Google Play

Related posts