Konon, 7 Teknologi Google Ini Dipercaya Bakal Mengubah Dunia

7 Teknologi Google Ini Dipercaya Bakal Mengubah Dunia – Dewasa ini, teknologi menjadi salah satu kebutuhan yang paling mendasar dalam kehidupan kita. Terbukti dari berbagai macam perkembangan teknologi yang kian hari kian melambung tinggi berkat sejumlah aktivitasnya yang dipergunakan manusia di dunia ini.

Nah, sebagai sebuah perusahaan terbesar dan terkemuka, Google memang dipercaya mempunyai sejumlah cakupan terbaik untuk memperbaharui atau mengubah dunia melalui inovasi teknologi yang dimilikinya. Ada beberapa hal yang mungkin anda pengen ketahui dari perusahaan Google dalam mengembangkan teknologi terdepan pengubah dunia. Seperti apa saja teknologi tersebut, mari kita ulas bersama di bawah ini:

1) Project Loon

Kita telah mengetahui bahwa di era seperti sekarang ini, penggunaan jaringan internet sudah melebar pesat di seantero dunia. Oleh karena itu, Google berkeinginan untuk mengubahnya menjadi lebih sepadan lagi dalam pemakaiannya.

Project Loon merupakan suatu inovasi teknologi terbaru yang didasarkan oleh penelitian dan pengembangan terhadap Google X dengan misi utamanya yakni menyediakan akses internet ke seluruh dunia, termasuk di daerah pedesaan atau terpencil sekalipun.

Project Loon - Google

Dengan menggunakan alat bantuan berupa balon udara yang dipasangi antena patch dan bertenaga surya, Google meyakini balon tersebut dapat berfungsi baik bagi para pengguna intenet, apalagi peralatan itu akan terbang setinggi 60.000 s/d 90.000 kaki diatas tanah (dua kali lebih tinggi dibandingkan pesawat). Dalam penerbangannya, balon udara milik Google ini bakal mengirimkan sinyal internet cepat 4G-LTE ke daerah-daerah yang dilewatinya selama waktu 100 hari nonstop.

2) Project Titan

Teknologi Google pengubah dunia selanjutnya yaitu Project Titan. Sebenarnya, fungsi dari project ini hampir serupa dengan project loon yang mana sama-sama memiliki tujuan dalam mempercepat koneksi internet, hanya saja alat yang dipakai berbeda.

Project Titan - Google

Pada project titan, alat yang dipergunakan adalah sebuah drone bernama Titan Aerospace dengan pengoperasian tenaga surya yang bakal diserap lewat panel solar di sayapnya, diyakini ini dapat terbang hingga 5 tahun lamanya tanpa henti untuk memancarkan jaringan internet sebaik mungkin dalam penggunaannya.

Menurut dari seorang CEO Google, Sundar Pichai, ketika kedua project tersebut (Loon dan Titan) diterbangkan, maka koneksi internet dapat berjalan lebih maksimal kepada sekitar 4 miliar orang yang ingin menggunakannya.

3) Pil Pendeteksi Kanker

Google X yang merupakan sebuah anak perusahaan dari Google Alphabet berencana untuk mengembangkan suatu Pil Pendeteksi Kanker – partikel magnetik dimana ini akan dapat dimanfaatkan dalam mendeteksi adanya serangan sel kanker pada tubuh seorang manusia.

Pil Pendeteksi Kanker - Project Google

Alat yang dipasangi dengan beberapa partikel magnetik yang berguna untuk menghitung tiap partikel protein dan molekul lainnya tersebut memang dalam proses Google dengan tujuan terhadap penggunanya mengetahui sedini mungkin melakukan pendeteksian sel kanker pada tubuhnya.

4) Mobil Otonomos

Menurut data yang ada, setiap tahunnya sekira 1,24 juta umat manusia meninggal dunia akibat kecelakaan di jalanan. Oleh karena itu, ide Google untuk mengurangi potensi kecelakaan tersebut tampaknya akan terlaksana dalam maksud menyelamatkan jutaan manusia terhadap dampak bahaya berkendara.

Mobil Otonomos - Google

Dengan memperkenalkan sebuah kendaraan tak berawak yaitu bernama Mobil Otonomos, sehingga apabila seseorang yang dalam alasan keadaan kurang sehat, disabilitas serta juga berusia ujur yang masih ingin berkendara di jalanan bisa mengendarai mobil tersebut dengan rasa aman-nyaman, tanpa harus khawatir akan kecelakaan.

Kehadiran mobil otonomos itu menurut survei dari Eno Centre for Transportation, dapat mengurangi angka kecelakaan manusia di Amerika Serikat sebanyak 6 juta sampai 1,3 juta per tahunnya. Jadi asumsi Google untuk merilis mobil tersebut akan sangat berdampak baik bukan?

5) Makani Power

Makani Power - Google

Makani Power adalah suatu project diperbuat Google X dengan Alphabet yang berupa layangan berbentuk pesawat untuk tujuan membuat sumber energi. Perangkat ini telah dilengkapi dengan rotor dimana bakal berfungsi saat terbang untuk menjadikannya sebuah turbin yang dapat menghasilkan 50% energi, lebih besar dan hemat 90% daya ketimbang penggunaan turbin tradisional.

6) Calico

Project Google - Calico

Sungguh luar biasa memang perusahaan Google yang memiliki rancangan dalam suatu project bersama Calico atau California Life Company, dimana mereka ingin melakukan eksperimen cukup mencengangkan dunia yakni memperpanjang usia manusia. Selain itu, project ini juga dimaksudkan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan neurodegeneration terhadap seseorang.

Lewat penelitian berkala mengenai gen, dan dengan cara terapi serta perawatan model baru, diharapkan project tersebut bisa berjalan sesuai yang diinginkan Google.

7) Kecerdasan Buatan

artificial intelligence (Kecerdasan Buatan) - Google

Teknologi terakhir yang sedang dirancang Google untuk mengubah dunia menjadi lebih baik lagi yaitu kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dalam hal ini, pernahkah anda mengingat atau mendengar dimana ada jawara dunia untuk permainan Go yang berasal dari sebuah teknologi Google bernama AlphaGo yang berhasil mengalahkan seorang manusia? Yah, jika kecerdasan buatan serupa halnya dengan itu, maka bukan tidak mungkin dunia manusia bakal terbantu untuk perubahan yang signifikan terhadap teknologi tersebut.

Demikianlah penyampaian saya untuk artikel kali ini perihal 7 Teknologi Google Yang Dipercaya Dapat Mengubah Dunia. Semoga saja apa yang telah akan dilakukan oleh Google tersebut bisa benar-benar terlaksana, dengan asumsi untuk membantu kita sebagai manusia. End..

Related posts