5 Jenis Olahraga Yang Sangat Berbahaya

Olahraga adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat menyehatkan dan menyegarkan jasmani maupun rohani seorang manusia. Secara rutin berolahraga, sangat mempengaruhi tingkat kestabilan energi positif dan menghindari energi negatif pada manusia itu sendiri. Berolahraga juga dapat diasumsikan sebagai salah satu hobi atau keinginan seorang manusia.

Olahraga yang sejatinya untuk menjaga kesehatan jasmani maupun rohani seorang manusia tidak hanya baik untuk hal demikian saja, melainkan juga dapat berguna dan berkembang menjadi suatu profesi atau job. Orang yang memiliki profesi dibidang olahraga dinamai dengan atlet. Seorang atlet biasanya dapat menghasilkan sejumlah keuntungan baik secara finansial maupun non finansial.

Bukan hanya itu saja, menjadi terkenal juga dapat dirasakan seorang atlet (jika sudah profesional) misal, Cristiano Ronaldo, Michael Jordan, Michael Schumacher, dan sederet atlet top profesional lainnya. Sebagian atlet ini, memiliki cabang olahraga yang berbeda-beda dimana C. Ronaldo (pesepakbola), Michael Jordan (pebasket), dan Michael Schumacher (pembalap mobil). Terlepas dari itu, olahraga yang telah mereka geluti tersebut memang benar-benar menguntungkan namun juga dapat merugikan diri terkait hal-hal yang dapat berbahaya disaat melakukan kegiatan olahraga itu sendiri. Cedera ringan, berat, maupun kematian juga dapat ditimbulkan dari berbagai jenis olahraga.

Demikian halnya, kita akan membahas 5 Jenis Olahraga Yang Sangat Berbahaya untuk dilakukan seorang manusia. Apa saja itu? Lihat dibawah ini:

1) Rock Climbing

Rock Climbing atau dikenal dengan sebutan panjat tebing adalah salah satu jenis olahraga yang membutuhkan adrenalin cukup kuat serta ketahanan fisik yang juga harus OK. Olahraga yang satu ini, umunya dilakukan ditempat “terbuka” atau alam bebas seperti pegunungan maupun bebatuan yang menjulang tinggi seperti tebing dengan bidang kemiringan sekitar 50°. Hal inilah yang membuat sebagian orang tidak dapat melakukan kegiatan olahraga tersebut dan hanya dapat dilakukan oleh profesional atlet panjat tebing saja. Walaupun Rock Climbing menggunakan tali pengikat atau pengaman namun adrenalin serta ketahanan fisik yang kurang dapat membahayakan seseorang untuk menaklukan puncak tebing.

Akan tetapi, olahraga ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia sebab dapat memacu adrenalin dan sangat pantas kamu lakukan bila menggemari olahraga yang menantang.

2) Hang Gliding

Olahraga yang satu ini juga sangat berbahaya dimana seseorang harus dapat melawan derasnya hembusan angin saat terbang diudara. Hang Gliding atau “bergantung layangan” juga memerlukan ketahanan fisik dan mental yang cukup kuat saat ingin melakukan olahraga tersebut. Hal demikian dimaksudkan, agar seseorang tersebut dapat mengontrol laju “layangan” dari kencangnya tiupan angin saat berada diudara.

Walau berbahaya, olahraga ini juga sangat tepat untuk kamu lakukan bilamana ingin menguji semana kuat adrenalin yang kamu miliki. Sebagai catatan, cari seorang atlet berpengalaman dalam bidang ini untuk mendampingimu.

 

 

3) Base Jumping

Base Jumping adalah jenis olahraga yang juga dikenal sangat berbahaya. Hampir sama dengan olahraga Hang Gliding, namun berbeda cara penerapannya serta alat yang dipergunakan. Base Jumping harus dilakukan dengan cara melompati ketinggian baik itu dari tebing atau kendaraan udara (pesawat/helikopter) dengan membuka sebuah parasut yang telah terpasang dibagian tubuh (pundak) hingga menuruni dasar tanah (tujuan).

Olahraga ini juga telah banyak diadopsi oleh barbagai negara khususnya dari para jajaran aparat militer. Apa kamu juga kepengen?

4) Skateboarding

Meski terbilang olahraga ini tidak terlalu berbahaya, namun juga dapat berefek negatif pada seseorang yang baru mempelajarinya. Cedera ringan seperti terluka, lecet, dan terbentur batu adalah sedikit resiko dari olahraga Skateboarding. Untuk cedera fatalnya sendiri seperti patah kaki, tangan, leher, dan sebagaianya. Nah, bila kamu masih dalam tahap “coba-coba”, sangat dianjurkan untuk mencari seorang profesional dalam bidang tersebut.

5) Rugby Football

Jenis olahraga berbahaya yang terakhir adalah Rugby Football. Olahraga ini menggunakan sebuah objek yakni bola berbentuk lonjong dimana setiap player akan berebut bola tersebut dengan tujuan membawa bola hingga kegawang lawan.

Pada pertandingan Rugby Football mengapa dikaitkan dengan kata berbahaya, itu dikarenakan setiap player dibebaskan untuk merebut bola secara “kasar”, akan tetapi, tanpa ada adu jotos dan tetap dalam aturan. Terjangan, tekelan, maupun benturan badan itu sudah menjadi hal biasa dalam olahraga tersebut. Nah, cedera ringan hingga berat pun telah menanti disini. Kamu pengen mencobanya?

Demikian penyampaian dari saya mengenai lima jenis olahraga yang sangat berbahaya. Adakah diantara kamu yang ingin mencobanya?

 

Related posts