10 Rentetan Orang Terkaya di Dunia Tahun 2017

Jelas, kita sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini sangat mendambakan kekayaan. Kekayaan dapat memberikan apa yang semua kita inginkan. Bermodalkan kekayaan, kita bisa hidup sejahtera dan makmur serta menjaga martabat gengsi di hadapan manusia lainnya. Sangat munafik rasanya bila kita tidak menginginkan kekayaan itu ada pada diri kita. Saya berbicara apa adanya, sesuai pengalaman dan penglihatan ‘mata kepala’ saya. Hal ini juga saya maksudkan bukan karena mengesampingkan Tuhan maupun agama. Memang benar, kalau kata orang-orang “kekayaan nggak bakal dibawa mati”, itu sih sah-sah saja. Namun dewasa ini, dunia sudah berbeda dan tentunya kita hidup di dunia membutuhkan kekayaan.

Kekayaan yang kita hasilkan dari bekerja keras dan/atau membangun usaha sedimikian rupa demi mengais target pencapaian sukses dan pada akhirnya kita akan menjadi orang kaya. Nah, mungkin kalian akan paham apa yang telah saya katakan itu memang nyata dan benar-benar ada. Ya, semoga kita dapat menerima dan terus berjuang dalam mengikis setiap kerja keras yang dilakukan untuk menjadi orang sukses, amin…

Berikut ini saya akan menyampaikan artikel terkait 10 Rentetan Orang Terkaya di Dunia Tahun 2017 versi Forbes. Tiap tahunnya, majalah atau media berita asal Amerika Serikat ini selalu melansir jajaran orang terkaya di dunia dengan mengambil tema “The World’s Billionaires“. Lantas, siapa sajakah ke-10 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes tersebut? Yuk simak kutipannya dibawah ini…

Bill Gates

Pria berkebangsaan Amerika Serikat dan bernama lengkap, William Henry Gates, ini berada di puncak daftar orang terkaya di dunia tahun 2017 dengan total kekayaan sebesar US$ 86 miliar (Rp 1.145,53 triliun) dari penghasilannya di perusahaan Microsoft. Selain dikenal sebagai seorang pebisnis maupun investor handal, ternyata sosok 61 tahun tersebut juga mempunyai jiwa kemanusiaan yang patut dicontoh setiap orang.

Bersama sang istri, Melinda Gates, Bill membangun sebuah yayasan amal swasta dengan label Bill & Melinda Gates Foundation yang bertugas menolong nyawa dan meningkatkan taraf kesehatan manusia secara global. Wah wah wah, luar biasa sekali Bill Gates ini!

Warren Buffett

Berada di urutan kedua sebagai orang terkaya di dunia tahun 2017 yaitu Warren Buffett, dengan jumlah kekayaan sebanyak US$ 75,6 miliar (Rp 1.007,28 triliun) dari penghasilannya di Berkshire Hathaway.

Pria kebangsaan Amerika Serikat berusia 86 tahun ini, ternyata juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Dia telah berkomitmen memberikan 99% dari kekayaannya untuk diamalkan. Sejauh apa yang diketahui, Warren sudah menyumbangkan nilai US$ 28,5 miliar. Salut deh buat paman Warren…

Jeff Bezos

Di urutan ketiga ditempati oleh Jeff Bezos, selaku pendiri dan pemimpin Amazon.com dengan kekayaan mencapai US$ 72,8 miliar (Rp 971,31 triliun). Selain perusahaan tersebut, dia juga merupakan pemegang usaha Washington Post yang mana di beli seharga UU$ 250 juta pada tahun 2013 silam.

Pria plontos berusia 53 tahun itu kini sedang mencanangkan sebuah pengembangan roket, Blue Origin, yang akan diperuntukan secara komersil kepada penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Amancio Ortega

Peringkat keempat orang terkaya di dunia tahun 2017 diduduki oleh Amancio Ortega, dengan penghasilan US$ 71,3 miliar (Rp 951,3 triliun) dari Zara. Kakek berusia 80 tahun tersebut, kini diketahui sedang melakukan investasi lainnya guna mengembangkan real-estat terhadap sejumlah bangunan di Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami dan New York.

Mark Zuckerberg

Tentu hampir semua orang mengenal sosok satu ini. Mark Zuckerberg merupakan seorang programmer sekaligus penemu dan pemimpin jejaring sosial, Facebook. Pria kelahiran 14 Mei 1984 itu termasuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia tahun 2017 yang menempati peringkat kelima dengan total kekayaan senilai US$ 56 miliar (Rp 747,22 triliun) bersumber dari Facebook. Di samping itu, sosok 32 tahun tersebut juga menyimpan beberapa fakta menarik yang sangat mengagumkan banyak orang dan tentu patut ditiru.

Diketahui, Mark beserta Priscilla Chan (istri), adalah sepasang kekasih yang telah mengikrar janji untuk selalu memberikan 99% kekayaan yang mereka dapatin dari penghasilan Facebook terhadap pundi amal demi membantu orang-orang yang membutuhkan. Mantap jiwa!!!

Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu merupakan sosok orang terkaya di dunia tahun 2017 yang menduduki peringkat keenam. Pria berusia 77 tahun yang berkebangsaan Meksiko ini adalah seorang pengusaha, Telecom, dan dari situlah dia mendapatkan kekayaan sebesar US$ 54,5 miliar (Rp 727,20 triliun).

Selain dikenal sebagai sosok pebisnis yang cukup sukses, Slim juga dianggap donatur yang sangat dermawan dimana dia pernah menyumbangkan sejumlah besar kekayaannya kepada orang membutuhkan. Saat ini, Slim dan keluarganya diketahui masih terus melebarkan sayap bisnis di bidang telekomunikasi, Amerika Movil, serta kepemilikan saham 17% di perusahaan The New York Times dan pertambangan. Sungguh luar biasa…

Larry Ellison

Orang terkaya di dunia yang ada di peringkat ketujuh yaitu Larry Ellison, dengan penghasilan sebesar US$ 52,2 miliar (Rp 696,6 triliun) dari perusahaan perangkat lunak (sofware), Oracle, yang didirikannya sejak tahun 1977. Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini juga termasuk sosok yang dermawan lho! Dia pernah menyumbangkan US$ 200 juta ke University of Southerm, California, dimana bakal diperuntukan terhadap pasien pengobatan kanker.

Walau tak sempat mengecap bangku kuliahan, namun berkat kepintaran yang dimilikinya, pria 72 tahun tersebut menjadi sosok penting pada perusahaan Oracle.

Charles Koch

Peringkat kedelapan sebagai orang terkaya di dunia tahun 2017 ditempati oleh Charles Koch, dimana dia memiliki total kekayaan sebesar US$ 48,3 miliar (Rp 644,44 triliun) dari pendapatannya di berbagai sektor bisnis, terutama Koch Industries. Kakek berusia 81 tahun itu juga merupakan sosok penolong dan suka membantu orang kesusahan dengan memberi bantuan sumbangan dari apa yang didapatkannya.

David Koch

Sama dengan saudaranya, Charles Koch, David juga dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia yang berpredikat kesembilan untuk jumlah kekayaan senilai 48,3 miliar (Rp 644,44 triliun) dari penghasilannya di berbagai macam usaha, termasuk Koch Industries. Terlahir dari keluarga berkecukupan, tidak serta-merta membuat David Koch menjadi sosok yang sombong dan lupa akan nikmat yang diberikan. Pria 76 tahun ini, turut berkontribusi dalam menolong sesamanya.

Dia tercatat pernah menyumbangkan hasil pendapatannya kepada Lincoln Center (pendidikan seni), Memorial Sloan Kettering Cancer Center (rumah sakit pengobatan kanker), NewYork–Presbyterian Hospital (rumah sakit bedah), serta American Museum of Natural History (museum).

Michael Bloomberg

Yang terakhir, berada di peringkat kesepuluh yakni Michael Bloomberg, dimana pada tahun 2017 ini dia tercatat mempunyai kekayaan bernilai US$ 47,5 miliar (Rp 632,8 triliun) lewat sumber yang dihasilkannya dari perusahaan Bloomberg. Sosok pria 75 tahun tersebut juga termasuk orang yang dermawan dengan pernah menyisihkan sebagian pendapatannya berkisar US$ 4 miliar untuk disumbangkan.

Yah, itulah sedikit penyampaian saya terkait artikel 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2017. Secara garis besar, hampir setiap orang kaya yang telah saya sebutkan diatas, memiliki jiwa kemanusiaan yang sangat pantas untuk kita tiru. Lalu, yang menjadi pertanyaan bagi saya dari semua hal ini adalah “masih adakah orang kaya di Indonesia seperti mereka?.”

Sekian dan terima kasih…

Nb: kurs Dolar dihitung berdasarkan nominal Rp 13.323

 

Related posts