Berdasarkan Scoville Heat Unit; Inilah Cabai Terpedas Didunia

Cabai adalah bahan makanan atau sayuran yang memiliki cita rasa tersendiri yakni pedas. Rasa pedas pada makanan sangatlah menarik tanpa terkecuali masyarakat Indonesia. Indonesia sangat terkenal dengan masakan pedasnya terutama masakan Padang, benar tidak? Di Indonesia sendiri, mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan cabai rawit! Yah, cabai rawit yang memiliki tekstur kecil namun pedas dirasa. Terlepas dari semua itu, pernahkah terbayang olehmu bahwasannya masih ada jenis cabai lainnya yang memiliki rasa pedas sangat luar biasa? Hmm, dalam artikel ini kita akan mambahas Berdasarkan Scoville Heat Unit; Inilah Cabai Terpedas Didunia. Silahkan lihat dibawah ini:

1. The Carolina Reaper

th-55th-56th-57

The Carolina Reaper merupakan jenis cabai terpedas didunia yang pertama. Sesuai dengan namanya, cabai ini berasal dari Carolina Selatan, Amerika Serikat dan pertama kali dikembangbiakan oleh seorang pengusaha PuckerButt Pepper bernama Ed Currie. Berdasarkan Scoville Heat Unit, The Carolina Reaper memiliki tingkat kepedasan 2.200.000 SHU. Tepat pada 7 Agustus 2013 silam, Guinness World Records menyematkan penghargaan kepada Ed Currie selaku pemilik dan penanam cabai Carolina dalam kategori “cabai terpedas didunia”.

2. Trinidad Moruga Scorpion

th-58th-60th-59

Taukah kamu bahwasannya Trinidad Moruga Scorpion juga merupakan jenis cabai terpedas didunia? Yah, ini benar adanya… Sebelum The Carolina Reaper, Trinidad Moruga Scorpion pernah terindeks sebagai cabai pertama yang memiliki tingkat kepedasan luar biasa. The New Mexico State University Chili Pepper Institute mengidentifikasi Trinidad Moruga Scorpion sebagai cabai terpedas di dunia sejak Februari 2012 dengan tingkat 2.000.000 SHU. Hmm, jika kamu bertanya asal-mula dari tanaman cabai ini, tepat sekali bila kamu menjawabnya Trinidad and Tobago.

3. 7 Pot Douglah

th-61

Nah, yang satu ini bukanlah tanaman cokelat melainkan cabai berwarna kecokelatan. Cabai ini hampir persis warnanya dengan buah cokelat namun sedikit berbeda ditekstur. 7 Pot Douglah adalah sebutan dari tanaman cabai ini. Demikian halnya, 7 Pot Douglah merupakan salah satu jenis cabai terpedas didunia yang menduduki peringkat ke-3 dengan tingkat kepedasan 1.853.936 SHU. Hmm, perlu diketahui bahwasannya tanaman cabai ini sangatlah langkah diantara jenis-jenis cabai lainnya.

4. Trinidad 7 Pot Primo

th-65

Ini juga merupakan salah satu jenis cabai terpedas didunia. Sama halnya dengan jenis cabai Trinidad Moruga Scorpion yakni sama-sama berasal dari negara Trinidad and Tobago namun berbeda dengan penanamnya!!! Trinidad 7 Pot Primo pertama kali ditanam dan dikembangbiakan oleh seorang musisi sekaligus peminat Hortikultura bernama Troy Primeaux. Hmm, berdasarkan scoville heat unit, Trinidad 7 Pot Primo memiliki tingkat kepedasan sebanyak 1.473.480 SHU. Wow…

5. Naga Viper

th-68

Naga Viper merupakan tanaman cabai yang menerapkan perkawinan silang antar Bhut Jolokia dan Trinidad Moruga Scorpion (jenis cabai lainnya). Perkawinan silang ini dilakukan oleh seorang petani asal Inggris bernama Gerald Fowler. Lantas, cabai Naga Viper memiliki tingkat kepedasan sekitar 1.382.118 SHU. Demikian pula, cabai ini juga pernah tercatat dalam Guinness World Records untuk kategori “cabai terpedas didunia” pada tahun 2011 silam. Nah, bisa jadi nih Naga Viper akan lebih dahsyat lagi tingkat kepedasan tahun berikutnya, ya kan?

Itulah sejumlah cabai yang dikenal sebagai “cabai terpedas didunia” dari admin. Ada yang berminat untuk mengkonsumsi atau menanamnya? Silahkan…

 

 

 

 

Related posts