PentingNya Pemutaran Urologi Wanita

Urologi adalah cabang ilmu kedokteran mengenai penyakit laki-laki dan perempuan pada saluran kemih dan organ reproduksi laki-laki. Sementara urologi dianggap domain spesialisasi bedah, memerlukan pemahaman yang mendalam tentang pediatrics, Ginekologi, internal medicine dan spesialisasi lainnya yang diberikan kebanyakan kompleks komplikasi dalam tubuh manusia. Sesuai Asosiasi Urologis Amerika, ada tujuh cabang ilmu urologi yaitu:

  1. Urologis: Berurusan dengan relaksasi panggul outlet gangguan serta inkontinensia uriner.
  2. Neurourologi: Berfokus pada disfungsi ereksi, impotensi, evaluasi urodynamic pasien dan membatalkan masalah.
  3. BATE: Berkaitan dengan penghapusan batu yang terbentuk di ginjal dan masuk ke ureter.
  4. Infertilitas: Operasi diperoleh dan bawaan penghalang kelamin laki-laki.
  5. Transplantasi ginjal: transplantasi ginjal posting gagal ginjal.
  6. Pediatrik urologi: pengobatan pada masalah pada anak-anak.
  7. Urologi Onkologi: pengobatan kanker kandung kemih dan prostat.

Apa yang dilakukan ahli Urologi untuk wanita?

Ada banyak masalah urologi pada seorang wanita sering mengalaminya, seperti inkontinensia, sistitis interstisial, divertikulum uretra, dan lainnya. Diagnosis dan pengobatan kondisi ini(bedah dan non-bedah), yang akan membentuk bagian penting dari seorang ahli Urologi.

Wanita juga sering mengalami masalah mengenai dasar panggul. Dalam kasus tersebut, mereka harus mengunjungi urogynecologist. Urogynecology adalah spesialisasi medis mengenai pengobatan gangguan panggul perempuan. Dasar panggul terdiri dari saraf, otot dan jaringan ikat yang mendukung rahim, vagina, kandung kemih, dan rektum untuk memastikan berfungsinya organ-organ ini. Dasar panggul dapat menderita kerusakan akibat melahirkan, berolahraga intens, operasi dan penyakit kronis. Berikut ini adalah daerah yang datang di bawah domain urogynecologist:

  1. Inkontinensia urin/kemih retensi
  2. Peningkatan frekuensi kencing
  3. Peningkatan frekuensi ISK
  4. Rasa sakit selama hubungan seksual
  5. Inkontinensia tinja
  6. Nyeri pada panggul atau kandung kemih
  7. Bangun dari tidur untuk buang air kecil lebih dari dua kali setiap malam; juga dikenal sebagai Nokturia
  8. Prolaps vagina

Sekarang bahwa Anda telah belajar apa yang dilakukan ahli Urologi untuk perempuan, hal ini juga penting untuk mengetahui kapan seorang wanita harus melihat atau datang pada seorang ahli Urologi.

Kapan seorang wanita harus melihat atau datang pada seorang ahli Urologi?

  1. Jika dia sering terkena infeksi saluran kemih: Meskipun infeksi saluran kemih (UTI) umumnya di antara perempuan dan setiap pengalaman mereka dibeberapa titik dalam waktu, mereka bisa sering terjadi tanda masalah serius yang mengharuskan kunjungan ke ahli Urologi/urogynecologist. Gejala umum dari UTI termasuk pembakaran sensasi dan sakit saat buang air kecil(tak terkendali untuk pergi ke kamar mandi), dan kesulitan saat buang air kecil.
  2. Jika dia sering bermasalah pada kontrol kandung kemih: Masalah kontrol kandung kemih atau inkontinensia uriner lagi adalah masalah yang sangat umum yang dihadapi oleh perempuan, karena mereka telah kesulitan untuk menahan kencing, terutama ketika mereka bersin, batuk atau berolahraga. Ini terjadi karena melemahnya kandung kemih yang disebabkan oleh kehamilan, melahirkan atau bertambahnya usia. Sementara latihan dan obat tertentu dapat membantu mengobati kondisi ini, dalam kasus ekstrim, suntikan, dan operasi mungkin diperlukan.
  3. Jika dia punya masalah kandung kemih turun: Dalam kondisi ini, kandung kemih turun ke vagina sebagai tembok yang memisahkan vagina dan melemahkan kandung kemih. Melahirkan, mengangkat benda berat, obesitas, usia, ketidakseimbangan hormon, dan batuk kronis adalah kunci pemicu kondisi ini, yang dimana dapat diobati melalui operasi.
  4. Jika dia mengalami rasa sakit selama hubungan seksual/buang air kecil: Terasa sakit pada kandung kemih atau sistitis interstisial (IC), ini akan menyebabkan ketidaknyamanan ekstrim dalam kandung kemih atau turun perut. Ini akan memicu sangat sering buang air kecil, dimana membuat kandung kemih terasa seperti selalu penuh. Hal ini juga ditandai oleh rasa sakit selama hubungan seksual. Rasa sakit dan ketidaknyamanan di sistitis interstisial adalah kadang-kadang begitu parah bahkan ini akan menyebabkan hambatan dalam kegiatan sehari-hari seorang wanita.

Tidak pernah mengabaikan gejala-gejala yang disebutkan di atas, karena tepat waktu pengobatan kondisi ini dapat membantu mencegah banyak komplikasi di masa depan. Jika Anda mengalami masalah kencing, sebagaimana disebutkan di atas; maka Anda harus dapat pergi ke salah satu ahli atau dokter, untuk membantu meringankan ketidaknyamanan Anda dan menemukan pengobatan terbaik untuk kondisi Anda.

Related posts