Kunyit Latte Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh

Kunyit Latte atau berwarna cerah “Golden Milk” adalah minuman kesehatan terbaru dari Barat yang sedang populer dikalangan selebriti. Hal ini sangat banyak terinspirasi dari minuman susu India klasik dan ini juga sudah terbukti menjadi obat untuk hampir apa pun rasa sakit, seperti sakit kepala, batuk dan dingin untuk infeksi bakteri dan virus. Tidak seperti susu klasik dan kombinasi kunyit, kunyit latte disiapkan dengan mencampurkan air dingin, kunyit dengan almond, kacang mede, atau santan. Itu ternyata sebagai alternatif yang populer bagi seorang penikmat kopi dan teh.¬†Manfaat kesehatan dari Latte kunyit adalah sebagai berikut:

Anti-inflamasi

Salah satu farmakologis kurkumin yang berada di Jerman mengatakan, didalam kunyit memiliki efek anti-inflamasi yang lebih kuat dan ampuh dibandingkan dengan obat-obatan anti-inflamasi lainnya. Curcumin ini akan mengatasi peradangan kronis, yang dimana mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, penyakit Alzheimer dan penyakit degeneratif lain.

Perbaikan fungsi otak

Curcumin yang ada didalam latte kunyit, dapat meningkatkan tingkat Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF); yang dimana berguna untuk meningkatkan fungsi otak, tetapi juga mengurangi risiko penyakit otak. Penurunan tingkat BDNF telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, depresi dan penurunan fungsi otak (terkait usia). Curcumin juga dapat meningkatkan memori dan kecerdasan.

Pencegahan kanker

Fungsi antioksidan yang kuat pada latte kunyit, memiliki kapasitas untuk melindungi sel-sel dari efek berbahaya, yang dimana radikal bebas yang dapat merusak saluran DNA, yang pada gilirannya mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Mutasi dalam sel DNA dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker lebih cepat. Curcumin yang ada didalam kunyit, dapat menghancurkan sel-sel kanker yang dimutasi, sehingga mereka tidak menyebar ke seluruh tubuh. Curcumin juga dapat membantu untuk mencegah kanker dalam berbagai cara, seperti: meningkatkan fungsi hati, menghambat sintesis protein yang dapat menyebabkan pembentukan tumor dan mencegah pasokan tambahan darah yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan kesehatan jantung

Oksidasi kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan pembentukan plak yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kurkumin dapat mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh dan memperlambat perkembangan penyakit jantung dan aterosklerosis. Kunyit latte juga mengandung vitamin B6 yang membantu untuk menurunkan kadar homosistein.

Menurunkan tingkat kolesterol

Bahan aktif kurkumin dalam kunyit latte, dapat mengurangi kadar kolesterol LDL berbahaya dalam darah. Curcumin akan memberi sinyal pada gen dalam sel hati untuk meningkatkan kiriman produksi protein mRNA yang mengarah kepada produksi reseptor untuk kolesterol LDL. Peningkatan jumlah reseptor LDL dalam sel hati jelas lebih banyak daripada kolesterol LDL dari darah. Dan hal ini lah yang akan menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh.

 

Mengatur berat badan dan obesitas

Curcumin yang hadir didalam kunyit latte, dapat mengatur penyakit yang berhubungan dengan berat badan dan obesitas. Peradangan dapat berhubungan dengan berat badan dan obesitas, karena sel-sel kekebalan tubuh yang hadir dalam jaringan lemak diseluruh tubuh. Sel-sel ini menghasilkan sitokin yang menyebabkan peradangan hati dan pankreas dan meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh. Kunyit dapat menekan jumlah dan aktivitas ini dan juga dapat menurunkan efek obesitas.

Meningkatkan suasana hati

Kunyit Latte ini juga bermanfaat untuk mengangkat suasana hati, memperlakukan depresi dan bekerja baik seperti setiap obat antidepresan. Kurkumin dalam kunyit latte, dapat meningkatkan tingkat faktor neurotrophic yang berasal dari otak dan juga meningkatkan otak neurotransmitter serotonin dan dopamin yang mengangkat suasana hati dan mengurangi perasaan depresi, stres dan kecemasan.

Related posts