Kista Pilonidal? Berikut Cara MengatasiNya

Kista pilonidal adalah jenis infeksi kulit kronis, yang terjadi di wilayah lipatan pantat atau bokong. Tanda-tanda dari gejala ini adalah sakit pada daerah kulit pantat, dubur yang bernanah atau berdarah, dan bau yang menyengat pada daerah tersebut. Namun, jika infeksi ini sudah parah, mungkin juga akan menimbulkan gejala demam, malaise atau mual.

Jenis infeksi kulit ini lebih sering terjadi pada seorang pria daripada seorang wanita. Orang-orang gemuk atau berlebih berat badan, orang-orang yang mempunyai rambut tubuh lebat atau kasar, maka orang-orang ini lebih beresiko tinggi terjadinya penyakit ini. Orang-orang dengan gaya hidup aktif atau pekerjaan yang memerlukan waktu duduk lama pada meja komputer juga akan meningkatkan terjadinya risiko ini.

Kasus-kasus ringan kista pilonidal dapat menyelesaikan secara alami dan memerlukan sedikit perawatan. Namun, dalam beberapa kasus besar, pengobatan jangka panjang serta bedah mungkin diperlukan untuk mengurangi ukuran kista dan mencegah infeksi ini. Berikut ada beberapa pengobatan alami untuk kista pilonidal:

1. Kompres air hangat

Untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit, Anda dapat melakukan kompres air hangat pada daerah yang terkena. Kompres air hangat juga akan membantu dalam mengalirkan cairan atau nanah terakumulasi keluar. Cara melakukannya:

-Rendam kain lap dalam air hangat dan peras jika kelebihan air.

-Meletakkan kain hangat tersebut pada daerah yang terkena selama beberapa menit.

-Ulangi 3 atau 4 kali sehari sampai cairan mulai terkuras.

2. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh merupakan salah satu bahan obat yang sangat efektif untuk mengatasi masalah ini. Minyak ini memiliki kekuatan penyembuhan dan kuratif dalam bentuk sifat antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi ini. Cara melakukannya:

-Ambil sedikit minyak pohon teh.

-Letakkan pada daerah yang terkena dampak dan biarkan selama 10 menit.

-Bilas pada daerah tersebut dengan air hangat dan keringkan secara menyeluruh.

-Lakukan pengobatan ini 2 sampai 3 kali sehari.

3. Cuka sari apel

Menggunakan cuka sari apel juga dapat membantu mengobati kista pilonidal. Kandungan anti-inflamasi didalam cuka sari apel, dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan ini. Selain itu, sifat antiseptik dan antibakteri cuka sari apel juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat memicu infeksi lebih lanjut. Cara melakukannya:

-Campurkan 2 atau 3 sendok teh cuka sari apel pada ½ cangkir air hangat.

-Ambil kapas dan celupkan sedikit dalam larutan tersebut.

-Letakkan pada daerah yang terkena selama 1 menit.

-Ulangi pengobatan ini 3 sampai 4 kali sehari.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan 1 sendok teh cuka sari apel pada segelas air hangat dan minum. Lakukan ini 2 kali sehari didalam proses penyembuhan.

4. Garam

Garam dapat memberikan bantuan dari penderitaan kista pilonidal. Garam memiliki beberapa sifat anti-inflamasi, yang dimana berguna dalam mengurangi dan menyembuhkan kista dengan cepat. Magnesium sulfat di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan nanah dari kista. Itu juga dapat meringankan rasa sakit dan peradangan. Cara melakukannya:

-Tambahkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 sampai 2 cangkir air hangat. Aduk sampai butiran garam larut sempurna.

-Ambil kapas dan celupkan itu pada larutan.

-Letakkan pada daerah yang terkena selama 20 menit.

-Ulangi pengobatan ini 2 kali setiap harinya.

Related posts