Inilah 14 Jenis Asupan Yang Punya Manfaat Serta Disebutkan Dalam Al-Quran

Sebagai manusia yang hidup di muka bumi ini, tentu kita semua dituntut untuk bisa mendapatkan asupan yang bermanfaat bagi tubuh. Asupan yang dimaksudkan yaitu makanan dan minuman. Kedua asupan ini merupakan kebutuhan yang teramat diperlukan demi kelangsungan hidup kita. Banyak sekali asupan makanan dan minuman yang dapat kita konsumsi.

Namun, pada ajaran Islam menentukan kualitas serta kehalalan dari kedua produk ini juga patut dipertimbangkan. Allah SWT telah menyebutkan dalam Al-Quran bahwa makanan ataupun minuman yang halal akan sangat baik untuk dinikmati. Seperti dijelaskan melalui sumber 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) – Dr. Muhammad Faiz Almath – Gema Insani Press serta dikutip langsung dari DienIslam terkait mengenai Makanan dan Minuman yang berbunyi:

  1. Sesungguhnya Allah baik dan tidak mengabulkan (menerima) kecuali yang baik-baik. Allah menyuruh orang mukmin sebagaimana Dia menyuruh kepada para rasul, seperti firmanNya dalam surat Al Mukminun ayat 52: “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan-makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shaleh.” Allah juga berfirman dalam surat Al Baqarah 172: “Hai orang-orang yang beriman makanlah di antara rezeki yang baik-baik.” Kemudian Rasulullah menyebut seorang yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan wajahnya kotor penuh debu menadahkan tangannya ke langit seraya berseru: “Ya Robbku, Ya Robbku”, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dia diberi makan dari yang haram pula. Jika begitu bagaimana Allah akan mengabulkan doanya? (HR. Muslim)..
  2. Wahai Sa’ad, perbaikilah (murnikanlah) makananmu, niscaya kamu menjadi orang yang terkabul do’anya. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggamanNya. Sesungguhnya seorang hamba melontarkan sesuap makanan yang haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama empat puluh hari. Siapapun yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka api neraka lebih layak membakarnya. (HR. Ath-Thabrani)..
  3. Janganlah kamu memberi makanan yang kamu sendiri tidak suka memakannya. (HR. Ahmad)..
  4. Sesungguhnya termasuk pemborosan bila kamu makan apa saja yang kamu bernafsu memakannya. (HR. Ibnu Majah)..
  5. Rasulullah Saw berkata kepada Umar bin Abi Salamah, “Wahai anak, ucapkanlah Bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari apa yang ada di hadapanmu”. (HR. Bukhari)..
  6. Orang yang paling kenyang makan di dunia akan menjadi paling lama lapar pada hari kiamat. (HR. Al Hakim)..
  7. Apabila kamu lupa menyebut “Bismillah” pada awal makan hendaklah mengucapkan:  ‘Bismillaahi awwalahu waa hizah’. “Bismillah pada awal dan akhirnya”. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)..
  8. Apabila diserukan untuk makan malam lalu terdengar suara azan oleh muazin maka dahulukan makan malam. (Abu Hanifah)..

Keterangan: Hal ini berlaku khusus untuk shalat Isya karena waktunya panjang.

  1. Hidangan makanan untuk dua orang seharusnya cukup untuk tiga orang dan makanan untuk tiga orang cukup untuk empat orang. (HR. Bukhari)..
  2. Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah hendaklah menjauhi kita atau menjauhkan diri dari masjid kita dan sebaiknya tinggal di rumahnya. (HR. Bukhari)..

Keterangan: Sesungguhnya malaikat merasa terganggu dengan bau bawang merah dan bawang putih sebagaimana manusia pun merasa terganggu dengan bau tersebut. Namun jika bau tersebut bisa hilang, misalnya dengan gosok gigi dengan pasta gigi atau berkumur dengan zat penghilang bau, maka diperbolehkan untuk ke masjid dan berkumpul dengan kaum muslimin lainnya.

  1. Dinginkanlah makanan, sesungguhnya yang panas-panas tidak ada berkahnya. (HR. Al Hakim dan Ad-Dailami)..
  2. Thariq bin Suwaid Ra bertanya kepada Nabi Saw tentang khamar (arak) dan beliau melarangnya. Lalu Thariq berkata, “Aku hanya menjadikannya campuran untuk obat.” Lalu Nabi Saw berkata lagi, “Itu bukan obat tetapi penyakit.” (HR. Ahmad)..
  3. Rasulullah Saw melarang orang meniup-niup makanan atau minuman. (HR. Abu Dawud)..

Keterangan: Meniup-niup makanan dan minuman yang panas biasa dilakukan dengan tujuan agar lekas dingin, dan hal ini dilarang oleh Nabi. Hendaknya makanan atau minuman tersebut didiamkan saja atau didinginkan dengan metode lainnya selain dengan meniup langsung dengan mulut, misalnya dengan fan (kipas angin).

  1. Tidak ada susu yang lebih baik (unggul) daripada air susu ibunya (ASI). (HR. Ar-Ridha)..
  2. Rasulullah Saw melarang kami minum dan makan dengan perkakas makan dan minum dari emas dan perak. Beliau juga melarang kami berpakaian sutera dan yang dibordir dengan benang sutera dengan sabdanya, “Itu untuk kaum musyrikin di dunia dan untuk kamu di akhirat. (Mutafaq’alaih)..

Keterangan: Khusus untuk kaum wanita (muslimah) diperkenankan untuk menggunakan perhiasan dari emas dan perak, serta memakai pakaian sutera dan pakaian yang dibordir dengan sutera (yang terdapat suteranya), namun hal tersebut diharamkan untuk kaum pria (muslimin). Khusus untuk kaum pria yang mempunyai penyakit gatal-gatal (penyakit exim) yang umumnya sering menggaruk-garuk pada kulit yang gatal tersebut, maka menggunakan pakaian sutera diperbolehkan untuk mereka. Hal tersebut pernah dialami oleh Zubair dan Abdurrahman bin ‘Auf, dan Rasulullah pun mengizinkannya.

  1. Bertamu itu hanya tiga hari lamanya dan pemberian bekal perjalanan bagi tamu hanya untuk sehari semalam. Tidak halal bagi seorang muslim bertamu di rumah saudaranya semuslim sehingga menyebabkannya berdosa. Para sahabat bertanya, “Bagaimana sampai menyebabkan yang ditamui (tuan rumah) berdosa?” Nabi menjawab: “Dia bertamu sedang yang ditamui hampa tidak punya sesuatu apapun untuk disuguhkan kepada tamunya”. (HR. Ahmad)..
  2. Rasulullah Saw melarang orang yang minum dengan membalik mulut kendi langsung ke mulutnya. (HR. Bukhari dan Muslim)..

Keterangan: Dilarang minum langsung dari tempat minum yang digunakan oleh banyak orang, misal minum langsung dari galon, poci, teko dan wadah-wadah lainnya. Hendaknya dituangkan dulu ke dalam gelas, lalu meminumnya dari gelas tersebut.

Pada hal ini, terdapat 14 asupan yang punya manfaat serta disebutkan dalam al-quran. Seperti apa saja asupan tersebut, mari kita ulas bersama dibawah ini:

1) Buah Tin

Tin atau Ara merupakan jenis tumbuhan penghasil buah yang dapat dimakan dan pertama kali ditemukan di kawasan Asia Barat serta ada juga yang menyebutkan dari Timur Tengah. Tanaman ini sendiri masuk di dalam al-quran surat At-Tin ayat 1 yang berbunyi:

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.”

Hal ini menggambarkan betapa istimewa tanaman tersebut, terutama pada buahnya. Dalam sebuah riwayat, Abu Darda, pernah berkata kepada sahabatnya, Rasulullah Muhammad SAW, “makanlah.”

Keduanya sama-sama memakan sembari Abu Darda, berujar “jika saya berkata ada buah yang turun dari surga maka inilah buahnya karena buah surga itu tidak ada bijinya. Maka makanlah buah ini sebab itu dapat mengobati wasir atau ambeien serta encok.”

Buah tin dipercaya sangat berkhasiat untuk tubuh manusia lantaran banyaknya kandungan seperti unsur gula, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, C, dan K. Selain yang telah disebutkan sebelumnya pada al-quran terkait manfaat buah tin, berbagai beda riset juga menunjukan hal serupa dengan ragam khasiat.

Pertama, berdasarkan penelitian California Fig Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber) yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12.2 gr serat sedangkan apel hanya mengandung 2.0 gr dan jeruk 1.9 gr. Para Pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Selain dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, serat terkandung juga mampu mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.

Kedua, riset yang dilakukan Universitas Rutgers di New Jersey. Pada penelitian ini membuktikan kalau buah tin mengandung antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen pemicu sel kanker. Tin juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, diantaranya Omega-3 dan Omega-6. Kedua lemak ini terbukti berperan aktif dalam pencegahan penyakit jantung koroner. Kelebihan lainnya, buah tin rendah lemak – sodium – kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes mellitus.

Ketiga, penelitian oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan beragam vitamin dan mineral bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100g buah tin yang mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C 0.68 mg, kalsium 133.0 mg, magnesium, potasium dan zat besi 3.07 mg. Vitamin dan mineral ini sangat diperlukan tubuh dalam menjaga dan memelihara kesehatan organ tubuh. Buah ini mudah dicerna oleh sistem pencernaan, mengobati sulit buang air besar, menjaga baik organ hati dan limpa.

Keempat, penelitian selanjutnya tentang kandungan benzaldehyde pada buah tin sebenarnya telah diungkap dalam jurnal yang pernah situs Cancer Cure Foundation. Dalam website ini menyebutkan bahwa riset yang dilakukan para ahli dari Institute of Physical and Chemical Research di Tokyo menunjukan benzaldehyde terbukti efektif untuk menghambat terjadinya tumor.

2) Buah Zaitun

Allah SWT juga berfirman mengenai buah zaitun dalam al-quran QS. An-Nahl ayat 11:

يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُونَ وَالنَّخِيلَ وَالْأَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Zaitun merupakan pohon kecil, berdaun hijau dan buahnya dapat dimakan serta berbagai rangkaian yang tumbuh pada zaitun juga bisa dimanfaatkan, terutama buat kesehatan.

Tumbuhan yang termasuk dalam enam subspesies alami Olea europaea ini sudah sejak lama dipergunakan sebagai alternatif kesehatan. Kegunaannya seperti mencegah obesitas, osteoporosis, kolesterol jahat, menjaga sehat gigi, baik untuk sistem pencernaan, sariawan, dan lain sebagainya.

Namun selain buat kesehatan, juga terdapat hal baik lainnya pada zaitun untuk kecantikan misalnya menyehatkan rambut, mengatasi kulit pecah-pecah dan mengencangkan/melembabkan kulit agar terhindar dari penuaan dini.

Tentu seluruh hal yang teramat baik di zaitun tidak lepas dari beberapa kandungan diantaranya terdiri atas 67% air, 23% minyak, 5% protein, 1% mineral, zat besi, kalsium serta terdapat empat vitamin yaitu A, B, C, dan D.

3) Kurma

Pasti sebagian besar dari kita sudah menganal pernyataan terkait kurma. Kurma yang dalam bahasa Arab-nya Tamr, merupakan salah satu tanaman palma dalam genus phoenix dimana buahnya juga dapat dimakan dan mengandung banyak manfaat kesehatan. Buah ini telah lama menjadi makanan khas orang-orang Timur Tengah termasuk Rasulullah Muhammad SAW.

Di samping itu, kurma mempunyai beberapa kandungan yang tentunya sangat bermanfaat seperti mencegah darah tinggi, stroke, menambah tenaga, menurunkan kolesterol, diare, anti-radang tenggorokan dan amat baik diasup selama mengandung jabang bayi untuk wanita hamil.

Pernyataan mengenai manfaat kurma juga sudah tertuang dalam al-quran QS. Maryam ayat 23 dan 25 sebagai berikut:

فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا

“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan.”

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”

4) Delima

Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan performa pria dengan bangkitnya gairah sex. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, kesehatan paru-paru, kerongkongan, sesak napas, mengurangi intensitas batuk, dan demam juga dipercaya dapat teratasi serta terjaga dengan menggunakan buah delima.

Dalam al-quran surat Ar-Rahman ayat 68 berbunyi:

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

“Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.”

5) Anggur

Ini adalah salah satu tanaman buah yang juga bisa dimakan serta berkhasiat baik untuk kesehatan. Adapun manfaat buah anggur seperti memaksimalkan kinerja organ hati, mencegah asam urat, melancarkan saluran kemih, pencernaan, flu, pilek dan batuk berdahak.

Terdapat berbagai kandungan pada buah tersebut sesuai takaran diantaranya 15% zat gula, 1.5% protein-lemak, serta kaya akan vitamin B dan C.

Al-quran juga mencantumkan buah anggur di surat An-Nahl ayat 67:

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.”

6) Mentimun

Mentimun juga merupakan makanan yang disebutkan dalam alquran surat Al-Baqarah ayat 61:

وَإِذْ قُلْتُمْ يَا مُوسَىٰ لَنْ نَصْبِرَ عَلَىٰ طَعَامٍ وَاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ مِنْ بَقْلِهَا وَقِثَّائِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۖ قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَىٰ بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ ۚ اهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُمْ مَا سَأَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ ۗ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. Musa berkata: “Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta”. Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas.”

Mentimun memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan seperti meredakan panas dalam, membuang racun, menghilangkan dehidrasi, menyehatkan mata, anti kanker dan cocok untuk perawatan kulit. Terkait sejumlah kandungan gizi dalam mentimun, berdasarkan perhitungan per 100 g kayak lemak 0.1, natrium 2 mg, kalium 147 mg, karbohidrat 3.6 g, serat 0.5 g, gula 1.7 g, protein 0.7 g, vitamin A 105 IU, vitamin C 2.8 mg, mangesium 13 mg, zat besi 0.3 mg, dan kalsium 16 mg.

7) Pisang

Allah SWT berfirman, “Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (Qs Al Waqiah : 27 – 29)

Buah pisang adalah buah nomor dua setelah susu sebagai jenis makanan pokok yang lengkap dan penuh nutrisi. Perlu anda tahu bahwa buah pisang termasuk buah-buahan yang baru dikenal, beberapa abad lalu pisang dianggap jarang aneh, selain itu pisang masih digolongkan buah mewah yang hanya dikonsumsi para bangsawan dan filsuf.

Namun saat ini, buah pisang sudah menjamur dimana-mana, dengan harga terjangkau dan semua orang bisa memakannya tanpa harus berpikir panjang.

Buah pisang sangat kaya dengan nutrisi, yang paling dominan adalah kandungan potasium (kalium) yang mampu menstabilkan tekanan darah.

Kandungan vitamin seperti A, B, C juga tak kalah dominannya. Yang istimewa adalah bahwa buah pisang ternayata bebas dari kolesterol. Terdapat pula kandungan magnesium dan fosfor dengan jumlah 0,64 mg dan 28 mg tiap buahnya.

8) Jamur

Rasulullah pernah bersabda:

Kam’at (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata (H.R. Muslim dari Sa’id bin Zaid). Hadits ini menyebutkan tentang sebuah jamur yang merupakan salah satu bagian dari banyaknya jenis jamur namun Kam’at mempunyai khasiat yang luar biasa.

Hal ini seolah-olah ingin mengisyaratkan untuk seseorang harus lebih jeli memilih jamur agar dapat bermanfaat buat kesehatan.

9) Biji Sawi

Biji Sawi sering digunakan dalam pengobatan herbal, terutama sebagai tapal rubefacient. Benih alasan dan dijadikan pasta kemudian dioleskan pada kulit dalam pengobatan rematik, sebagai satu cara untuk mengurangi kemacetan dalam organ internal. Digunakan secara eksternal, mustard mengurangi kemacetan dengan menarik darah ke permukaan seperti dalam penderitaan kepala, neuralgia dan kram. Air panas dituangkan pada benih memar membuat mandi kaki perangsang, baik untuk pilek dan sakit kepala. Herbal Old menyarankan mustard untuk mengobati alopecia, epilepsi, gigitan ular, dan sakit gigi.

Hati-hati untuk tidak berlebihan, karena kadang-kadang tapal obat dapat menyebabkan iritasi cukup parah pada kulit. Benih juga digunakan secara internal, ketika ia adalah makanan pembuka, pencernaan, diuretik, yg menyebabkan muntah dan tonik. Ditelan keseluruhan ketika dicampur dengan sirup kental, ia bertindak sebagai pencahar. Air rebusan biji digunakan dalam pengobatan indurations hati dan limpa.

Ia juga digunakan untuk mengobati karsinoma, tumor tenggorokan dan imposthumes. A cair dibuat dari biji, ketika gargled, dikatakan membantu tumor dari “sinax.”. Benih dimakan sebagai tonik dan stimulan nafsu makan. Air panas dituangkan ke mustar lebam membuat mandi kaki merangsang dan juga dapat digunakan sebagai inhaler di mana ia bertindak untuk melepaskan dingin atau menghilangkan sakit kepala. Mustard Oil dikatakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Mustard juga disarankan sebagai bahan obat cuci perut teh, berguna dalam gangguan. Tepung Mustard dianggap antiseptik.

Dalam al-quran, biji sawi juga tercantum tepatnya pada QS Luqman 31:36 yang berbunyi:

يَٰبُنَىَّ إِنَّهَآ إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍۢ مِّنْ خَرْدَلٍۢ فَتَكُن فِى صَخْرَةٍ أَوْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ أَوْ فِى ٱلْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌۭ

(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

10) Jintan Hitam

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa) merupakan tanaman yang menghasilkan rempah-rempah dimana dapat digunakan sebagai pengobatan juga. Sudah sejak dahulu masyarakat yang bermukim di kawasan Timur Tengah memakai tanaman ini sebagai pengobatan alternatif seperti misalnya penambah stamina, meningkatkan kekebalan tubuh, asma, alergi, kanker, dan lain sebagainya.

Jintan Hitam juga pernah tersabdakan oleh Rasulullah Muhammad SAW yang didengar Abu Hurairah seperti berikut: “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam (racun), yaitu maut.” Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119); Muslim (7:25); Ibnu Majah (2:342); Termizi (2:3 pada edisi Bulaq); dan Ahmad (2:241) menerusi riwayat Sufyan bin ‘Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah.

11) Ikan

Ikan mengandung sejumlah besar protein dan asam amino yang turut membentuk berbagai sel dan sendi di dalam tubuh. Ikan menjadi istimewa karena mengandung unsur fosfor yang tinggi.

Unsur fosfor ini sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan otak, tak heran jika ia dijuluki “makanan otak”.

Kekurangan fosfor dapat melemahkan fungsi otak sehingga menyebabkan tidak mampu berfikir. Selain itu ikan juga mengandung unsur kalsium yang berfungsi membangun dan membentuk organ dan jaringan tubuh.

Tak kalah juga kandungan zat besi serta berbagai vitamin yang semakin membuat ikan kaya akan nutrisi. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa minyak yang terkandung pada ikan mempunyai ragam manfaat lainnya seperti:

  • Meringankan kadar lemak pada darah yang mengakibatkan penyakit jantung.
  • Mengurangi tekanan darah, itu berarti ikan bagus bagi penderita penyakit hipertensi.
  • Mencegah terjadinya radang persendian.

Dalam al-quran surat An-Nahl ayat 14 disebutkan:

وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.”

12) Susu

Manfaat susu bagi manusia sangat banyak sekali, seperti melancarkan pencernaan dan siklus pembuangan manusia, menunjang pertumbuhan anak, mencegah osteoporosis dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma, mudah lelah dan sering pusing. Sebabnya, susu memiliki berbagai kandungan seperti magnesium, protein, kalium, kalsium, natrium, gula, serta sejumlah vitamin; A, D, dan B12.

Susu merupakan minuman yang berasal dari hewan atau binatang ternak seperti domba, sapi, kambing, keledai, unta ataupun sejenis mamalia lainnya.

Pada al-quran surat An-Nahl ayat 66 menjelaskan:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.”

13) Madu

Madu adalah cairan kental yang menyerupai sirup dan memiliki rasa manis alami karena dihasilkan oleh lebah lewat penghisapan nektar bunga. Sudah sejak lama, madu dikenal sebagai pengobatan alternatif tradisional dalam menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, termasuk membantu wanita yang sulit hamil dan serta sebagai obat penyubur kaum pria.

Hal ini telah dinyatakan dalam al-quran surat An-Nahl ayat 68 dan 69 yang berbunyi demikian:

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.”

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

14) Air

Allah SWT pernah berfirman dalam al-quran:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ ۖ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

“Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.” (QS An-Nur ayat 43)

ثُمَّ ارْجِعِ الْبَصَرَ كَرَّتَيْنِ يَنْقَلِبْ إِلَيْكَ الْبَصَرُ خَاسِئًا وَهُوَ حَسِيرٌ

“Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.” (QS Al-Mulk ayat 4)

وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ ۚ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا

“Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih.” (QS Al-Furqan ayat 48)

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصِهْرًا ۗ وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا

“Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.” (QS Al-Furqan ayat 54)

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْأَقْدَامَ

“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu).” (QS Al-Anfal ayat 11)

Oleh karena itulah air dianggap dalam setiap ajaran agama, termasuk islam sangat berguna dan memiliki berbagai macam manfaat terutama bagi kesehatan tubuh.

Yaps, itulah sedikit penyampaian saya mengenai 14 Jenis Asupan Yang Punya Manfaat Serta Disebutkan Dalam Al-Quran. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini, bisa benar-benar berguna dan menjadi referensi buat pemirsa setia BoomerLovers sekalian. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih..

Related posts