Ingin Menjaga Kesehatan Mata? Ikuti Beberapa Langkah Praktis Ini

Ingin Menjaga Kesehatan Mata? Lakukan Beberapa Langkah Praktis Ini

Sebagai seorang manusia yang hidup di dunia ini, tentu kita sangat memerlukan adanya kesehatan mata yang baik. Kita semua juga sudah tahu, betapa pentingnya organ satu ini di dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita. Mata adalah suatu organ yang paling vital diantara sebagian banyak dari anggota tubuh yang kita miliki. Salah satu fungsi nyata dari organ tersebut yakni sebagai indera penglihat, yang mana memungkingkan diri kita untuk melihat sekaligus menyaksikan apapun yang berada di sekitar kita.

Dengan demikian, tentu kita sangat dituntut untuk dapat selalu menjaga kesehatan mata secara benar dan baik, agar fungsi utamanya tersebut tidak terganggu atau bermasalah, dimana bila hal itu terjadi akan berdampak amat buruk untuk kita.

Bagian Organ Mata

Organ mata manusia mempunyai dua bagian yaitu luar dan dalam. Setiap bagian itu, tentunya memiliki masing-masing komponen yang hampir secara bersamaan saling bergantungan untuk dapat memfungsikan penglihatan dengan baik.

Bagian Organ Mata Manusia

1. Organ Luar

Dalam hal ini, organ luar mata mencakup tiga komponen diantaranya:

  • Alis Mata ialah rambut atau bulu yang berada di bagian terluar dan diatas dari organ mata. Komponen ini dapat berguna sebagai penahan kucuran air keringat agar tidak masuk ke dalam bola mata.
  • Bulu Mata merupakan helaian rambut yang terdapat di sisi bawah alis mata. Secara kegunaan, helaian rambut itu dapat melindungi organ mata dari paparan debu, keringat sekaligus melakukan penyaringan terhadap cahaya luar.
  • Kelopak Mata adalah bagian luar dari mata berupa kulit yang lunak, dengan fungsi untuk menutupi dan melindungi organ penglihatan. Kelopak tersebut amat perlu dijaga, apabila tidak maka penyakit semacam ptosis atau kelopak mata bergantung bisa menyerang kapan saja, dan menjadi lebih mirisnya lagi harus dilakukan bedah operasi dalam memulihkan kinerjanya.

2. Organ Dalam

Ada lima bagian penting pada organ dalam mata manusia, seperti:

  • Kornea, ini merupakan bagian depan mata yang sensitif terhadap cahaya dimana mempunyai fungsi untuk memfokuskan bayangan pada retina mata. Organ ini tidak memiliki pembuluh darah, dan apabila tersentuh maka akan secara refleks kelopak mata menutup.
  • Sklera, ini adalah bagian dinding dalam mata berwarna putih yang memiliki rata-rata ketebalan 1-3 mm, serta berserat, tembus cahaya, elastis dan mengandung kolagen. Sklera lebih dikenal dengan sebutan selaput keras atau selaput putih.
  • Pupil atau selaput pelangi/iris, ialah bagian bola mata berbentuk bulat dengan batasan sklera. Organ ini mempunyai fungsi untuk menentukan kuantitas cahaya yang akan masuk ke bagian mata lebih dalam.
  • Lensa Mata, yaitu bagian dalam mata yang berguna untuk mengatur tingkat cahaya yang masuk dimana akan diteruskan pada retina, dan apabila lensa tersebut melihat sebuah objek dengan titik yang jauh maka dapat menipis.
  • Retina, yakni salah satu bagian mata yang juga sangat peka akan paparan cahaya dimana bakal mempengaruhi saraf optik.
  • Saraf Optik, adalah susunan saraf berbentuk kerucut pada retina yang berguna untuk menyalurkan informasi penglihatan ke otak.

Penyakit Mata

Pada sistem mata, ada beberapa jenis penyakit yang mungkin saja bisa terjadi apabila kita tidak rajin untuk menjaga kesehatan mata secara baik dan optimal.

Beberapa penyakit atau gangguan pada mata

  • Rabun Senja merupakan salah satu penyakit mata yang sangat umum menimpa diri seseorang jika kekurangan asupan vitamin A. Dalam hal ini, biasanya si penderita akan tidak mampu atau sedikit buram penglihatannnya saat waktu sore hari.
  • Buta Warna dimana adalah suatu kondisi seseorang yang nggak mampu membandingkan keseluruhan warna yang ada di hadapannnya. Ini bisa terjadi karena faktor gen yang secara turun-temurun akan mempengaruhi generasi berikutnya (anak). Sebenarnya, terdapat dua macam buta warna yaitu Buta Warna Total yang hanya dapat melihat dan membedakan tiga warna saja seperti hitam, abu-abu dan putih. Sementara itu yang dimaksud dengan Buta Warna Parsial ialah seseorang yan tidak bisa membedakan warna-warna tertentu.
  • Katarak, suatu gangguan mata yang sering menimpa orang-orang lanjut usia (lansia), dimana pada lensa matanya akan tampak seperti biji atau bulatan putih, dan jika ini terjadi maka penglihatan terasa jadi buram akibat penebalan.
  • Miopi, sebuah penyakit mata yang mengganggu jarak pandang seseorang ketika berada di jarak jauh untuk melihat sesuatu objek yang ingin dilihatnya.
  • Presbiopi, kalau satu ini merupakan gangguan mata yang secara bersamaan tak dapat melihat dengan jelas suatu objek, baik itu berjarak dekat ataupun jauh.
  • Hipermetropi, penglihatan seseorang yang bermasalah saat melihat suatu benda berjarak dekat.
  • Kebutaan, seseorang yang sama sekali tidak bisa melihat apapun yang berada di sekitarnya. Hal ini dapat timbul lantaran adanya sebuah kecelakaan yang mengenai organ matanya, atau kemungkinan dari beberapa penyakit mata yang telah disebutkan diatas, serta juga tidak jarang karena kelahiran bayi yang bersifat prematur.
  • Astigmatis, ketidakstabilan penglihatan pada permukaan bias mata berupa lengkungan yang bisa mengakibatkan tidak terfokusnya cahaya di satu titik retina berwarna kuning.

Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Mata

Jelas semua orang menginginkan jika organ matanya bisa dapat terhindar dari berbagai penyakit atau masalah lainnya, benar bukan? Nah, untuk itu, saya akan memberikan beberapa langkah praktis yang dapat anda lakukan untuk selalu menjaga sehat mata anda. Silahkan lihat dan baca dibawah ini:

1. Mengkonsumsi Sayuran

Konsumsi sayuran berarti mencegah penyakit mata

Ada banyak sekali jenis sayuran yang cocok untuk anda konsumsi dalam menjaga sehat mata, seperti diantaranya wortel, bayam, selada, tomat, brokoli,kol, jagung, kemangi dan lain sebagainya. Setiap jenis sayuran tersebut, dipercaya akan kaya kandungannya yang mampu menjaga kesehatan mata anda secara optimal.

2. Mengkonsumsi Buahan dan Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi buahan serta banyak minum air putih bisa menjaga kesehatan mata lho!!!

Selain mengkonsumsi sayuran, anda juga dapat menikmati beragam jenis buahan sekaligus memperbanyak minuman air putih dalam sehari-hari. Hal ini juga diyakini bisa membantu anda untuk menghindari beberapa penyakit pada organ mata. Sangat dianjurkan kepada anda untuk mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas per harinya. Dan adapun buah-buahan yang bisa anda nikmati dalam hal ini misalnya jeruk, tomat, alpukat, apel, serta stroberi lantaran dari banyak macam buahan tersebut memiliki kandungan kayak vitamin C-A-B6-E, dan nutrisi yang amat baik untuk menjaga mata anda.

3. Memeriksa Mata

Lakukan pemeriksaan mata

Melakukan pemeriksaan mata secara berkala juga sangat disarankan kepada anda. Dalam hal ini, anda bisa memeriksa mata ke dokter spesialis untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada organ anda itu, tidak peduli anda berusia muda maupun tua. Kalau bisa lakukan pemeriksaan mata 1-2 tahun sekali agar penglihatan anda tetap terjaga dan terlindungi. Jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesial yang anda datangi, oke…

4. Hindari Tatapan Dengan Cahaya Perusak Mata

Maksudnya disini adalah melihat secara langsung beberapa paparan cahaya yang bisa merusak organ mata, seperti misalnya sinar matahari, layar komputer, dan telivisi. Nah, anda jangan salah paham dulu dengan pernyataan saya ini. Bukan anda tidak dibolehkan untuk melakukannya, namun sebaiknya gunakanlah alat pelindung mata kayak kaca mata hitam, atau kaca mata yang bisa membantu penglihatan.

Gunakan pelindung saat berpaparan dengan cahaya perusak mata

Sebagai catatan, bila anda merupakan pekerja kantoran yang harus berhadapan di layar komputer, maka sebisa mungkin untuk selalu mengistirahatkan mata selama 15 menit per 2 jamnya, dan jangan lupa sering mengedipkan mata bila sudah terasa kering.

5. Hindari Rokok

Merokok tidak hanya mengundang penyakit terhadap kesehatan tubuh saja, melainkan juga bisa berdampak buruk pada resiko katarak, degenerasi makula, merusak retina dan sarap optik dimana dapat berujung fatal dengan timbulnya kebutaan mata.

Hindari rokok untuk menjaga kesehatan mata

Jadi, alangkah baiknya anda yang sangat gemar merokok untuk sebisa mungkin menghindarinya dari sekarang, itu pun kalau anda sayang akan kesehatan tubuh dan mata anda. Serta buat anda juga yang tidak merokok sebaiknya menghindari cemaran udara atau asap dari para perokok yang berada di sekitar dengan penggunaan masker.

6. Berolahraga

Semua orang juga sudah mengetahui kalau berolahraga adalah salah satu cara untuk dapat hidup sehat. Sehat yang diartikan ternyata tidak hanya sehat pada tubuh saja, namun juga organ lainnya seperti mata. Dalam hal ini, anda bukanlah dianjurkan untuk menekuni setiap olahraga yang diinginkan dengan cara berlebihan, tetapi masih dalam jangkauan anda, jadi nggak perlu terlalu keras melakukannya.

Untuk menjaga kesehatan mata, rajinlah berolahraga

Cukup 20-30 menit sehari untuk sesi waktu pagi dan sore hari, maka anda dapat selalu terlihat benar-benar fit dan prima kesehatan tubuh serta organ mata anda. Coba deh anda buktiin sendiri…

7. Nggak Memakai Terlalu Lama Lensa Kontak

Pengguanan lensa kontak juga berpengaruh untuk kesehatan mata

Percaya atau tidak, apabila anda menggunakan lensa kontak sesering mungkin selama waktu lebih dari 19 jam per harinya, maka itu dapat mengganggu dan bahkan bisa merusak mata secara permanen. Bukan melarang anda menggunakannya, namun bijak lah dalam melakukan hal tersebut adalah suatu langkah amat tepat anda perbuat demi menghindari apa yang tidak anda kehendaki perihal organ mata.

8. Ganti Makeup Lama Dengan Yang Baru

Alat makeup lama harus diganti terutama jika itu dipakai di bagian mata

Nah, ini paling sering dilakukan oleh seorang wanita yang ingin berdandan cantik ala selebritis, agar terlihat catar membanaha katanya, hehehe… Adakalanya jika anda menyukai dandanan, terutama pada bagian mata untuk selalu mengganti setiap kali pemakaian alat-alat makeup anda. Mengapa? Yah, itu karena pada riasan mata berupa cairan atau krim yang sudah lama, bisa mendatangkan banyak bakteri dimana bakal berkembang biak disana. Tentu kita tahu kalau bakteri adalah kuman atau kotoran jahat yang amat tidak penting dimiliki/dipelihara. Dengan sebab itu pula, anda semestinya harus pintar untuk menyimpan dan mempergunakan setiap makeup kepunyaan anda, serta satu lagi, kalau bisa jangan pernah memakai dan meminjam makeup miliki orang lain lantaran bisa saja itu telah terindikasi bakteri. Ketika ingin atau sesudah menggunakan makeup, diupayahkan untuk selalu mencuci tangan demi kesterilan.

9. Penerangan Yang Stabil

Penerangan cahaya yang stabil pada saat membaca atau menulis sangat berpengaruh untuk kesehatan mata

Hal ini sangat penting bagi anda yang suka membaca atau menulis dalam keadaan cahaya redup. Dengan kondisi seperti ini, dan terlebih lagi sering diterapkan, siap-siap lah untuk kerusakan mata yang akan menghinggapi anda. Kondisi ini hanya dapat mengakibatkan ketegangan mata, dan tentunya bakal sangat fatal bila nggak segera dihindari. Ada baiknya, jika anda ingin membuat beberapa hal tersebut, untuk menerapkan penstabilan cahaya yang cukup tepat dan anda merasa nyaman dengan semua itu. Sebagai catatan, bila mata sudah terasa lelah, jangan dipaksakan, cobalah berhenti sejenak untuk beristirahat.

Yah, itulah sedikit penyampaian saya perihal artikel Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Mata. Dari keseluruhan, mata menjadi sebuah organ yang amat vital dan memerlukan perhatian khusus demi menghindari ketidakinginan penyakit atau beberapa gangguan di mata. Oleh karenanya, mencari tahu solusi menangani hal seperti tersebut, tidak ada salahnya bukan anda menerapkan cara yang saya perbuat pada artikel diatas? Terima kasih dan semoga bermanfaat…

Related posts