Apakah Anda Ingin Mengindari Penyakit Alzheimer? Ini SolusiNya

Penyakit Alzheimer adalah jenis penyakit umum yang terjadi pada seorang yang sudah tua, ini juga terkait masalah memori dan perilaku. Meskipun ada banyak penyakit yang sepadan dengan usia tua, namun penyakit Alzheimer dapat mengambil jalan besar pada keadaan emosional penderita. Meskipun banyak yang telah melaporkan kasus Alzheimer terjadi pada orang-orang yang berusia 65 tahun atau lebih tua, namun ada juga orang-orang yang baru berusia 40-an dan 50-an rentan terhadap penyakit ini. Penyakit ini bahkan merupakan gejala yang ganas, yang dimana ini akan memburuk dengan berjalannya waktu dan ini akan menghambat kemampuan seseorang untuk melakukan tugas-tugas rutin. Sementara usia dan genetika juga memiliki peran penting dalam terjadinya penyakit ini. Berikut adalah tips penting yang dapat membantu Anda menghindari penyakit Alzheimer:

1. Melakukan gaya hidup yang aktif

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association mengatakan bahwa, melakukan program aktivitas fisik selama 1 jam per minggu secara rutin, dapat meningkatkan fungsi kognisi pada orang dewasa dengan menjaga bidang subjektif dan objektif otak. Latihan fisik juga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit Alzheimer. Dimana bentuk latihan yang dapat Anda lakukan adalah bersepeda, berjalan cepat dan berenang.

2. Ikuti Diet sehat

Banyak studi menunjukkan pentingnya diet yang sehat dalam meningkatkan fungsi kognitif. Sebuah studi yang diterbitkan oleh dokter Taylor Francis mengatakan bahwa, diet yang sehat dapat membantu mengurangi penurunan kognitif, perkembangan dari kerusakan kognitif ringan untuk penyakit Alzheimer, dan menurunkan risiko kematian pada pasien yang menderita. Mungkin Anda dapat menggunakan menu makanan, seperti sayuran berdaun hijau dan buah-buahan, ingat jangan makan daging.

3. Menjaga hubungan sosial

Menjaga hubungan sosial yang aktif juga memainkan peran penting dalam mencegah penyakit ini. Sebuah studi Lancet neurologi mengatakan bahwa, gaya hidup yang aktif dan sosial terpadu di usia tua dapat membantu melawan demensia dan penyakit Alzheimer. Mungkin Anda dapat berbincang-bincang dengan teman disekitar lingkungan rumah.

4. Merangsang pikiran Anda

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah Alzheimer adalah untuk menjaga pikiran Anda. Merangsang pikiran yang positif sangat berguna untuk pemecahan masalah, komunikasi, dan meningkatkan kesehatan kognitif Anda. Mungkin Anda dapat mengambil keterampilan baru, membaca buku ataupun surat kabar.

5. Menghindari stres

Salah satu studi mengatakan bahwa, stres kronis adalah salah satu faktor terbesar yang bertanggung jawab untuk terjadinya penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, menjaga pikiran untuk tetap tenang sangat penting untuk melindungi diri Anda dari risiko penyakit ini. Mungkin Anda dapat melakukan kegiatan yoga, meditasi ataupun Anda dapat bersantai di rumah.

 

Related posts