Joget Ala #Baby Shark Challenge Jadi Viral, Apa Itu?

#Baby Shark Challenge Kini Jadi Viral

Setelah sempat Mendunia Om Telolet Om, kini banyak kalangan masyarakat Indonesia, terutama para netizen, beberapa bulan belakangan ini sering sekali mengupload video joget #Baby Shark Challenge. Sebenarnya apa yah tuh, kok bisa sampai viral gitu? Baby Shark Challenge adalah sebuah tantangan berjoget dengan pengiringan musik berjudul Baby Shark atau bayi hiu. Lantas kenapa bisa viral? Berbicara soal viralnya ini, kalau di Indonesia sendiri, menjadi demikian karena dari berbagai kalangan masyarakat, mahasiswa, artis hingga aparat hukum sekalipun ikut mempopulerkannya, dimana sekaligus mereka posting di sejumlah akun media sosial yang tentunya ini adalah tempat bagi para netizen untuk ‘melahapnya’.

Namun, sebelum menjadi viral seperti sekarang ini, terlebih dahulu sempat menggema di beberapa negara misalnya di Amerika Serikat, Tiongkok, dan Korea Selatan. Menyangkut kepopuleran lagu dan jogetan tersebut untuk di Amerika Serikat, ini terjadi di saat seorang guru musik bernama Johnny Only beserta para murid dari ‘The Learning Station’ membuat sebuah video dance ala Baby Shark, tapi gerakannya tidak sama seperti sekarang ini yang tengah viral.

Guru musik bersama murid dari 'The Learning Station' #Baby Shark Challenge

Siapakah yang menciptakan lagu Baby Shark?

Tahukah kamu bahwa pada tahun 2006 lalu, lagu berjudul ‘Baby Shark’ tersebut sudah diciptakan dan dinyanyikan pertama kali oleh seorang musisi bernama Mike Whitla.

Pencipta lagu Baby Shark, Mike Whitla

Mike Whitla yang diketahui terkenal akan beberapa ciptaan lagu anak-anak itu, mengadopsi ‘Baby Shark’ ke dalam salah satu album miliknya yakni ‘Early Morning Knee-Slappin Tunes’.

Baby Shark Challenge Versi Baru

Usut punya usut, ternyata joget ala #Baby Shark Challenge di Indonesia yang pertama kali mempopulerkannya adalah dari para sekelompok orang mahasiswa baru Universitas Gajah Mada (UGM) yang sedang mengikuti tugas ospek mereka. Para mahasiswa ini sengaja merekam dan memposting videonya ke media sosial dan direpost oleh akun Instagram Dagelan. Akun itu membuat tagar #dagelanbabysharkchallenge dengan mengadopsi lagu seri terbaru Baby Shark milik sebuah perusahaan bernama Pinkfong, dimana telah ditonton sebanyak lebih dari 12 juta kali.

Pinkfong merupakan suatu perusahaan asal Korea Selatan berupa perpustakaan anak-anak yang mengaransemen ulang lagu Baby Shark. Perusahaan tersebut sangat dominan terhadap penyuguhan berbagai video kaya akan edukasi sekaligus menghibur balita dan anak-anak. Tantangan ‘Baby Shark Challenge’ sendiri bermula ketika perusahaan itu mengisi sebuah acara di Smartstudy (saluran Korea Selatan) yang mengedepankan bentuk tantangan seperti demikian.

Sejak merilis Baby Shark di tahun 2016 silam hingga saat ini, lagu milik Pinkfong itu kian menjadi viral, terutama di Indonesia. Semenjak perilisannya tersebut, Baby Shark punya Pinkfong sudah ditonton lebih dari 800 juta kali secara global. Dalam satu bulan terakhir, #Baby Shark Challenge berhasil menaikkan kepopularitasan Pinkfong di ranah Indonesia dari jumlah pelanggan kanal Youtube yang meningkat sebesar 300%.

Adapun beginilah tampilan video Baby Shark, Pinkfong:

“Kami sangat bangga melihat banyak pengguna di Indonesia yang menyukai lagu Baby Shark, Pinkfong. Terlebih lagi ini dapat menjadikannya sebagai sensasi digital dalam berupa tantangan #Baby Shark Challenge,” kata Head of International Business Development Pinkfong, Ryan Lee, pada keterangan resmi akun Pinkfong.

Lebih lanjut, Lee juga berujar “Untuk memaksimalkan momentum ini, kami akan terus mengeluarkan lebih banyak lagi konten berbentuk hiburan yang bisa membantu anak-anak belajar dengan baik sekaligus dapat dinikmati oleh keluarga mereka.”

Disamping itu, hampir semua orang di Indonesia termasuk public figure sekalipun mengikuti aksi joget ala #Baby Shark Challenge yang kemudian mereka unggah di akun Youtube dan Instagram.

Berdasarkan pantuan detiknews, akun Instagram dari Kepala Divisi Hubungan Internasional (Divhubbinter) Mabes Polri, Kombes Pol Krishna Murti, sudah dibanjiri lebih dari 113 ribu kali tontonan oleh para netizen yang menyaksikannya.

Baby Shark.. #kmupdates

A post shared by Krishna Murti (@krishnamurti_91) on

Selain itu, jajaran anggota Polwan (polisi wanita) dari Kota Mojokerto, Jawa Timur, juga terikut demam joget Baby Shark Challenge. Seperti inilah aksi mereka:

Selamat Pagi…semuanya…😁🙋‍♂️🙌😎👍👮‍♂️ . . Jangan Lupa Semangat serta Selalu utamakan Keselamatan Berlalu Lintas..dijalan..😁👮‍♂️🙋‍♂️👍😎 . . 3 Srikandi Petugas Tmc Satlantas Polres Mojokerto Kota memberikan Semangat dengan gerakan Baby Shark..disela – sela pelaksanaan tugas…👍😁🙋‍♂️👮‍♂️😎 . . Ayo STOP PELANGGARAN….STOP KECELAKAAN…MARI DUKUNG KESELAMATAN UNTUK KEMANUSIAN TAHUN 2017 – 2018…😁👍🙋‍♂️🙌👮‍♂️😎 . . . #ntmcpolri #polisiindonesia #polantasindonesia #rtmcpoldajatim #rtmcjatim #polresmojokertokota #tmcsatlantaspolresmojokertokota #dagelan #babyshark #babysharkchallenge #dagelanbabysharkchallenge #semangatpagi #stoppelanggaran #stopkecelakaan #keselamatanuntukkemanusiaan

A post shared by Polres Mojokerto Kota – JATIM (@tmc_satlantasmojokertokota) on

Bahkan aktris sekaligus model cantik, Amanda Cerny bersama dua rekannya (Desta dan Vincent) juga tak kalah heboh untuk berjoget demikian. Mereka melakukan tantangan Baby Shark Challange ini saat mengisi salah satu acara televisi di Indonesia, Tonight Show.

Namun bukan hanya mereka saja yang melakukannya, melainkan dari keluarga penyanyi sekaligus politikus Anang Hermansyah bersama sang istri Ashanty dan dua anak mereka juga turut andil akan viralnya tantangan tersebut. Begini aksi kocak mereka melakukannya:

Beberapa video lainnya untuk tantangan #Baby Shark Challenge dapat dilihat dibawah ini:

Asyik-asyik dan seru yah!!! Bagaimana gengs, menurut kamu cocok nggak yah video seperti ini menjadi viral? Semua itu tergantung dari pelakon dan penikmat tantangan Baby Shark Challengge, tentu menyukainya bukan? Kalau saya secara pribadi menilai tantangan semacam ini sih sah-sah saja dilakukan dimana juga akan sangat berdampak baik dan bagus untuk menghibur sekaligus mendidik anak kita pastinya.. So,,, bersediakah kamu mengikutinya?

Related posts