Amerika Serikat; 7 Kebakaran Hutan Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Kebakaran hutan adalah kejadian kebakaran yang terjadi di alam liar dimana juga dapat memusnahkan lahan pertanian atau persawahan bahkan rumah-rumah yang ada disekitar. Hal ini umumnya dapat terjadi akibat dari sejumlah faktor diantaranya petir, kecerobohan dan bahkan pembakaran yang dilakukan oleh individu manusia.

Nah, kalau dinegara Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan baru-baru ini pernah mengalami banyaknya kebakaran hutan yang dilakukan oleh sejumlah pihak manusia tak bertanggung jawab dimana telah mengakibatkan rusaknya ekosistem bahkan mengakibatkan dampak dari tercemarnya udara atau kabut diberbagai kota besar Indonesia maupun sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dengan akibat dari pembakaran hutan tersebut, banyak warga maupun masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan terutama infeksi pernapasan bahkan anak bayi juga ada yang meninggal dunia akibat terhirup udara kotor (kabut). Tidak disangka ya, sampai segitu teganya manusia yang tak bertanggung jawab tersebut!!! Hmm, patut dihukum berat para pelaku pembakaran hutan itu, setuju???

Terlepas dari itu semua, kita masih akan membahas lainnya lagi kebakaran hutan yang terjadi di Amerika Serikat dari tahun ke tahun. Pengen taukan? Simak dibawah ini:

– Peshtigo

Kebakaran hutan Peshtigo terjadi pada tanggal 8 Oktober 1871 dimana telah melahap habis lahan perhutanan sekitar 3,8 juta hektar. Kebakaran tersebut juga memakan korban jiwa yang tewas sebanyak 2.500 orang. Dan, inilah catatan kebakaran hutan yang sangat mematikan pertama di Amerika Serikat.

– Seattle

Kebakaran hutan kedua yang menimpa kawasan Amerika Serikat yakni kebakaran yang terjadi di Seattle pada tanggal 6 Juni 1889 dimana telah menghancurkan sekitar 64 hektar luas lahan dan menewaskan 2 orang. Diperkirakan kerugian akibat kebakaran tersebut yakni sebesar $ 15 juta.

– Hinckley

Kebakaran Hinckley merupakan salah satu kebakaran hutan yang pernah terjadi di Amerika Serikat tepat dikota Hinckley. Kebakaran hutan ini terjadi pada tanggal 1 September 1894 dimana telah membinaskan sekitar 600 orang dan melenyapkan lahan perhutanan 160.000 hektar.

– Idaho

Idaho adalah salah satu kawasan yang terdapat dinegara Amerika Serikat. Disini pernah ada sebuah kejadian dimana terjadinya kebakaran hutan yang akan dikenang sepanjang masa oleh masyarakat Amerikat Serikat. Kebakaran hutan ini terjadi pada tanggal 10 Agustus 1910 yang menghanguskan 3 juta hektar tanah terdiri dari lahan perhutanan dan rumah penduduk. Dikabarkan, ada 85 orang tewas terpanggang akibat dari kebakaran hutan tersebut.

– Cloquet

Kebakaran hutan selanjutnya yakni Cloquet. Cloquet merupakan salah satu kawasan perkotaan yang terletak dinegara Amerika Serikat. Disekitar area tersebut juga terdapat perhutanan dimana hutan tersebut pernah mengalami kebakaran yang lumayan menggemparkan. Sebanyak 453 orang tewas dan merusak lahan hutan serta rumah warga sekitar 1.000 hektar. Diberitakan dari sejumlah sumber bahwa kerugian akibat kebakaran hutan tersebut mencapai $ 73.000.000 secara keseluruhan. Ini terjadi pada tanggal 13 Oktober 1918.

– Bar Harbor

Bar Harbor merupakan salah satu tempat atau kawasan yang berada di Maine, Amerika Serikat. Tepat pada tanggal 25 Oktober 1947, kawasan tersebut pernah terjadi kebakaran dimana kebakaran berasal dari hutan yang ada di Maine, Amerika Serikat. Sejumlah kerugian beserta kematian manusia pun terjadi akibat dari dampak kebakaran hutan tersebut. Ada sekitar 16 orang meninggal dunia dan melenyapkan luas lahan 205.678 hektar.

– California

Pada tanggal 25 Desember 1956 di Cleveland National Forest, California, Amerika Serikat juga pernah terjadi kebakaran hutan yang menghancurkan sekitar 40.000 hektar lahan perhutanan dan menghanguskan rumah-rumah penduduk. Menurut informasi yang berhasil terhimpun, ada 11 nyawa manusia yang “melayang” akibat dari kebakaran hutan tersebut.

Demikian 7 kebakaran hutan mematikan sepanjang sejarah yang pernah terjadi dinegara Amerika Serikat versi boomerweb.net Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kamu yah? Terimakasih…

 

Related posts