Hufz, Inilah Perampokan Paling Terkenal Di Dunia

Ada begitu banyak cara yang dilakukan setiap orang untuk mendapatkan uang. Tidak sedikit orang yang melakukan hal nekat demi uang, misalnya saja pembunuhan disertai perampokan atau bisa jadi perampokan itu sendiri. Namun, akhir-akhir ini maraknya aksi kriminal, dalam hal ini pembunuhan disertai dengan perampokan sangat marak terjadi di hampir belahan dunia.

Demikian pula Perampokan yang terjadi banyak diperkirakan karena mereka kepepet ekonomi dan tidak mempunyai pekerjaan atau dengan hal inilah mereka (para pelaku) dapat menghasilkan uang secara instan.

Nah, kali ini kita akan menguak sejumlah kasus Perampokan Paling Terkenal Di Dunia, baik tertangkap sampai tidak berhasil tertangkap oleh aparat hukum. Cekidot…

The Antwerp Diamond Centre

The Antwerp Diamond Centre adalah sebuah perusahaan negara/swasta yang terletak di pusat kota Antwerpen, Hoveniersstraat, Belgia. Perusahaan ini merupakan salah satu yang terbesar diantara lainnya yang memiliki tugas sebagai pengimpor maupun pengekspor diamond (berlian) ke seluruh dunia.

Yaps, secara pasti pula The Antwerp Diamond Centre selalu tak luput dari penjagaan/pengamanan ketat untuk menghindari adanya kecolongan. Petugas security, CCTV, detektor panas, radar Doppler, ruang bermagnet, sensor gerak ataupun media lainnya senantiasa mengintai.

Namun pada bulan Januari 2003, perusahaan tersebut akhirnya dibobol oleh kawanan perampok yang diketahui terdiri dari empat orang. Entah bagaimana caranya, para pelaku merusak sejumlah akses dan masuk ke dalam sarang berlian itu.

Jelasnya, The Antwerp Diamond Centre telah mengalami kerugian cukup lumayan besar atas aksi perampokan itu. Sejumlah berlian, emas, batu permata dan serta perhiasan lainnya yang dipekirakan berjumlah UU$ 100 juta atau bila di Rupiahkan senilai 1,19 juta triliun raib digondol perampok.

Kasus perampokan ini pun dalam penanganan pihak kepolisian yang dibantu oleh para detektif handal di negara Belgia. Butuh waktu kurang dari setahun kepolisian berhasil mengendus persembunyian para pelaku. Akan tetapi, hanya seorang sajalah yang hingga kini tertangkap dan lainnya masih buron.

Namun pria bernama Leonardo Notarbartolo (terduga pelaku) menyangkal telah melakukan perampokan tersebut dan hanya bungkam saat diperiksa oleh kepolisian. Walau demikian, Leonardo harus menjalani hukuman penjara untuk pemeriksaan lebih lanjut. Meski sudah dijebloskan ke dalam penjara, ia sangat bersikukuh dan terus merontah bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus perampokan di Antwerp Diamond Centre.

Selama enam tahun, Leonardo hanya diam, menolak pengakuan telah terlibat aksi tersebut. Dengan ketidakadaan informasi yang terkuak dari mulutnya serta alat bukti yang tidak cukup konkret akhirnya Leonardo dibebaskan secara bersyarat oleh kepolisian.

Isabella Stewart Gardner Museum

Salah satu aksi perampokan terkenal di dunia lainnya yaitu di Isabella Stewart Gardner Museum, Boston. Perampokan kali ini terjadi pada tanggal 18 Maret 1990 pukul 1:24 (waktu sekitar) atau setelah hari perayaan St. Patrick yang didalangi oleh dua orang pelaku berseragam polisi.

Keduanya terlihat masuk ke dalam museum dan mencuri beberapa karya seni (lukisan) seperti ‘Storm on the Sea of Galilee’ karya 3 Rembrandts, The Concert’ by Vermeer, tembikar perunggu dari China, ‘Landscape with an Obelisk’ karya Govaert Flinck, 5 sketsa Degas, Patung Elang yang terbuat dari perunggu, dan Manet Portrait yang berkisar harga diantara UU$ 500 juta. Dengan melumpuhkan penjaga keamanan museum, mereka (pelaku) berhasil menggasak sejumlah barang berharga tersebut.

Kasus perampokan ini sendiri terbilang cukup janggal karena para pelaku dengan gampang melewati Botticellis yang diketahui sangat ketat oleh penjagaan dan alat sensitif lainnya. Namun, pihak kepolisian yang mengusut kasus tersebut masih terus berupaya mencari tahu apakah ada orang dalam yang terlibat. Sampai kini kepolisian belum berhasil mengungkap dan menangkap para pelaku. Kita tunggu saja semuanya pasti bakal terkuak…

The Graff Diamonds Robbery

The Graff Diamond Roberry merupakan toko yang menjual banyak perhiasan berharga dengan kelengkapan super mewah kayak berlian. Toko ini terletak di New Bond Street, London.

Nah, pada tanggal 6 Agustus 2009 toko tersebut dirampok oleh dua orang pria yang menyamar sebagai pembeli agar dapat masuk ke dalamnya. Ketika keduanya masuk, mereka lalu menghampiri meja karyawan/karyawati yang menjaga toko dengan sambil menodongkan senjata api.

Perampok itu kemudian menguras hampir semua isi toko dan membawa kabur barang-barang berharga yang diperkirakan bernilai £40 juta (US$ 65 juta).

Saat melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan melihat rekaman CCTV, polisi menyimpulkan bahwa kedua pelaku telah mengubah diri mereka dengan mempoles penampilan seperti penggunaan rambut palsu serta warna kulit di prostetik lateks untuk mengelabuhi penjagaan dan pantauan kamera.

Polisi pun telah mengantongi identitas mereka untuk melakukan pengejaran yang pada gilirannya kedua pelaku tersebut berhasil diciduk. Diketahui pula, keduanya merupakan jaringan yang tidak hanya digawangi oleh mereka saja tetapi juga terdapat pemimpin dan anggota lainnya.

Berkat pengembangan kasus, anggota termasuk pemimpin juga berhasil tertangkap oleh kepolisian di kamp mereka. Namun sangat disayangkan, tidak sedikitpun barang hasil rampokan yang tersita dari komplotan tersebut.

The Lufthansa Raid

Ini merupakan kasus perampokan terkenal yang mungkin saja telah anda ketahui. Perampokan tersebut terjadi pada tanggal 11 Desember 1978 di bandara John F. Kennedy (JFK), Amerika Serikat. Jimmy Burke dianggap sebagai orang yang mengotaki aksi kriminal ini dengan juga bantuan dari para kolompoknya. Perampokan itu sendiri telah membuat pihak bandara harus mengalami kerugian sebesar UU$ 5.875 juta.

Selain perampokan, ternyata Jimmy Burke juga terlibat atas pembunuhan yang dilakukannya terhadap Richard Eaton pada tahun 1985. Dan sebagaimana kejahatan yang dibuat oleh Jimmy harus dipertanggung-jawabkannya karena polisi telah berhasil menciduknya. Kini Jimmy sudah mendekam dipenjara dan/atau tinggal menerima tuntuntan persidangan yang bakal memberatkannya.

Millennium Dome Raid

Pada bulan November 2000, Millenium Dome di Greenwich, South East London pernah menjadi sasaran rampok. Millenium Dome merupakan tempat megah yang banyak menampilkan pameran berlian-berlian terkenal di dunia.

Saat itu ada sebuah pameran berlian ‘De Beers’ yang diperhitungkan bernilai £ 350 juta atau UU$ 250 juta. Kala pameran sedang berlangsung, kawanan perampok pun mulai memasuki area tersebut dengan mengancam pengunjung lewat sejumlah tembakan senjata api keatas.

Mereka para perampok berhasil menggenggam berlian incaran itu. Namun, saat ingin melarikan diri dengan menggunakan speedboat, seluruh perampok berhasil dihadang oleh banyak polisi yang telah berjaga diluar sana. Sempat terjadi jual-beli tembakan dari para rampok dengan polisi. Akan tetapi, polisi yang sangat dipersenjatai lengkap berhasil melumpuhkan kelompok penjahat tersebut.

Yaps, itulah penyampaian saya terkait perampokan paling terkenal di dunia. Dari semuanya, saya hanya mengasumsikan “Perampokan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun”. So, buat anda harus terus ekstra hati-hati yah??? Terima kasih…

 

Related posts