Trik Sederhana Dalam Mencegah Penyakit jantung

Menurut sumber wikipedia, Penyakit atau serangan jantung, atau infark miokardial (bahasa Inggris: Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Penyakit jantung merupakan salah jenis penyakit yang dapat mengancam kesehatan seorang manusia, bahkan menyebabkan kematian. Penyakit jantung dapat disebabkan karena kurangnya gaya hidup sehat dan tepat yang diadopsi oleh setiap manusia.

Apa saja itu gaya hidup yang tidak sehat, dan bagaimana cara mencegah penyakit jantung? Berikut dibawah ini.

A. Merokok

Merokok adalah salah satu gaya hidup yang tidak sehat. Jika seseorang memiliki riwayat sebagai perokok aktif, maka itu dapat berdampak pada kesehatan jantungnya. Secara perlahan, asap nikotin yang berasal dari rokok akan masuk kedalam paru-paru dan menyebar ke setiap organ dalam tubuh manusia, terutama jantung. Disaat bersamaan, lama-kelamaan asap rokok akan menutupi jantung dan membuat asupan oksigen jadi berkurang. Hal inilah yang akan mengakibatkan sistem pernapasan (jantung) menjadi terhenti, dengan demikian akan membahayakan jiwa dan kematian pada mereka.

Jadi, Jika Anda adalah seorang perokok yang aktif, hentikanlah secara perlahan, dan sebisa mungkin hindari hal itu.

B. Makanan

Makanan yang tidak sehat dan tepat juga dapat menimbulkan terjadinya penyakit jantung. Tidak hanya jantung, namun juga dapat mempengaruhi berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi, stroke dan sebagainya. Hal ini sangatlah menakutkan bagi kita. Maka dari itu, cobalah untuk lebih selektif dalam memilih asupan makanan. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi seperti, sayuran hijau, buahan, kacang-kacangan, dan berbagai jenis ikan.

C. Minuman

Minuman juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Minuman yang banyak mengandung alkohol dapat menyehatkan tubuh bahkan jantung. Namun dengan catatan, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Akan Tetapi, masih ada asupan minuman yang benar-benar baik untuk kesehatan tubuh dan jantung, terutama air putih. Bila ingin memanipulasi air putih, Anda juga dapat membuat jus buah atau sayuran, susu juga bisa kok…

D. Berolahraga

Berolahraga juga sangat dianjurkan kepada Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan jantung. Berolahraga bertujuan agar tubuh Anda mengeluarkan racun dalam tubuh dimana racun tersebut dikeluarkan dari keringat. Racun adalah salah satu penyebab mengapa jantung Anda menjadi tidak sehat. So, luangkanlah waktu untuk berolahraga sebagai salah satu rutinitas harian Anda sebelum melakukan kegiatan lainnya.

Bila dapat menjalankan tips diatas secara tepat dan benar, dijamin hidup Anda akan lebih terjamin sehat, bahagia bahkan bebas dari penyakit jantung…

Related posts