Mengapa Gula Tidak Baik Untuk Kesehatan?

Gula, gula, dan gula mungkin yang terpikir oleh Anda “rasa manis”. Gula memang ada manfaatnya, salah satu untuk digunakan dalam memasak makanan. Selain itu, untuk hidangan minuman juga bisa seperti smoothie, teh manis, kopi, dan sebagainya. Namun saat ini, banyaknya jenis makanan dan minuman yang mengandung gula juga sangat berefek buruk pada kesehatan. Memang benar kalau gula adalah salah satu sumber pembangkit energi tubuh, namun dengan penggunaan berkala. Sebaliknya, jika mengkonsumsi secara rutin atau berlebihan maka akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti yang tertera dibawah ini.

A. Jantung

Penelitian dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat membuat terganggunya kerja sistem organ jantung dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula disebut dengan fruktosa dimana ini bisa mengakibatkan otot jantung berubah sehingga apabila hal tersebut dibiarkan, maka gula akan terus meningkat dan menyebabkan penyakit jantung.

B. Kanker

Menurut beberapa penelitian, asupan gula yang berlebihan akan mengakibatkan terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker. Ini terjadi akibat dari penumpukan gula didalam tubuh dan terhambatnya proses pembakaran gula didalam darah.

C. Otak

Menyimak dari penelitian, asupan gula berlebihan juga akan berdampak buruk pada sistem perkembangan syaraf otak, dimana ini akan mengakibatkan penurunan fungsi otak. Bahkan, jika ini terus-menerus dibiarkan akan mengakibatkan hal yang lebih buruk lagi pada otak.

D. Diabetes

Tubuh kita sangat membutuhkan hormon insulin dimana ini bekerja efektif untuk membantu memecah setiap glukosa (gula) didalam darah. Namun, jika kita terlalu berlebihan mengkonsumsi asupan gula, maka sel-sel dalam tubuh akan terhenti untuk memproduksi hormon insulin. Hal inilah yang akan menimbulkan dampak terjadinya penyakit diabetes.

E. Obesitas

Mengkonsumsi gula secara berlebihan akan berdampak pada peningkatan berat badan (obesitas). Hal ini dikarenakan sistem sel-sel tubuh tidak dapat bekerja efektif untuk melakukan pembakaran gula, ditambah lagi dengan adanya (hambatan) lemak didalam tubuh sehingga ini akan mengakibatkan timbulnya berat badan yang tidak ideal.

Secara simpulan, Anda dapat mengkonsumsi asupan gula secara rutin, namun harus diimbangi dengan diet dan olahraga yang teratur juga ya…

Related posts