Manfaat Dari Minyak Kemenyan

Menurut sumber Wikipedia, Kemenyan adalah getah (eksudat) kering, yang dihasilkan dengan menoreh batang pohon kemenyan. Tumbuhan kemenyan tergolong kedalam spesies “styracaceae”. Menurut asal-usulnya, kemenyan berasal dari Negara Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera. Di Pulau Sumatera, kemenyan ini disebut dengan kemenyan siam. Kemenyan memiliki harum yang khas. Kemenyam juga sudah masuk kedalam perdagangan Internasional. Kemenyan juga sudah banyak digunakan untuk berbagai macam bentuk, terutama minyak kemenyan.

Apa itu minyak kemenyan?

Minyak kemenyan adalah bahan yang terbuat dari getah semak atau pohon pendek (kemenyan) yang dikenal sebagai Boswellia frereana. Getah yang dikumpulkan kemudian dibersihkan menggunakan Uap. Lalu diekstrak menjadi minyak kemenyan. Minyak kemenyan ini sangat berguna bagi kita.

Apa saja manfaat dari minyak kemenyan?

Kemenyan biasanya digunakan untuk upacara suatu adat, berdoa atau meditasi. Namun, kemenyan yang sudah diekstrak menjadi minyak, itu juga dapat sangat berguna bagi kita, terutama membantu dalam menghilangkan stres/emosional. Ada lagi manfaat lainnya dari minyak kemenyan, berikut dibawah ini:

1. Sistem kekebalan tubuh

Menurut sejumlah penelitian, minyak kemenyan sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seorang manusia. Hal ini sangat baik untuk Anda gunakan/konsumsi agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih terjaga. Jika sistem kekebalan tubuh terjaga, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah penyakit seperti flu, demam, dan batuk.

2. Mulut dan gigi

Kandungan sifat antiseptik pada minyak kemenyan sangat berguna dalam menjaga sehat organ mulut dan gigi manusia. Jika Anda sedang mengalami masalah pada mulut dan gigi, seperti bau mulut dan gigi berlubang, Anda dapat menggunakan kumuran minyak kemenyan. Hal ini akan segera menghilangkan seluruh bakteri yang ada pada mulut dan gigi Anda. Bakteri adalah salah satu penyebab mengapa Anda mengalami bau mulut dan gigi berlubang.

3. Kanker

Anda ingin mencegah penyakit kanker? Gunakan saja minyak kemenyan. Sebab, minyak kemenyan dikenal dengan sifat-sifatnya yang anti-kanker. Anda hanya perlu menggunakannya dengan cara kemoterapi/hirup uap minyak kemenyan. Rebus beberapa minyak kemenyan, tambahkan air dan hirup uapnya.

4. Penuaan kulit

Jika Anda memiliki masalah dengan penuaan kulit, seperti keriput pada wajah, Anda dapat menggunakan minyak kemenyan. Hal ini sangat berguna dalam mengencangkan kembali kulit keriput Anda. Cukup dengan mengoleskan minyak kemenyan secara teratur (2 kali sehari), maka lihat hasilnya secara perlahan, kulit keriput Anda akan segera menghilang.

5. Bekas luka bakar

Minyak kemenyan juga dikenal sangat bermanfaat dalam menghilangkan bekas luka bakar.  Jika Anda mengalami hal yang sama, jangan lupa untuk menggunakan minyak kemenyan. Cukup mengoleskan secara teratur selama tiga hari kedepan, lihatlah bekas luka bakar Anda akan mulai berkurang.

6. Sistem pencernaan

Sistem pencernaan sangat bermanfaat dalam mengalirkan setiap sisa makanan yang masuk kedalam tubuh. Hal ini juga berguna dalam menetralisir racun akibat makanan yang masuk pada tubuh. Selain itu, sistem pencernaan yang terjaga sehat, akan menghindari seseorang untuk mendapatkan kesulitan pada saat ingin buang air besar.  Jika Anda sedang mengalami hal yang sebaliknya, gunakan saja minyak kemenyan. Caranya: Rebus dua sendok makan minyak kemenyan sampai mendidih. Lalu tuangkan pada gelas dan minum hangat. Konsumsi 3 kali sehari akan benar-benar menjaga sistem pencernaan Anda.

 

Related posts