Jengkol Emang Nikmat Dimakan, Namun Juga Punya Manfaat Bagi Kita Loh

Menurut sumber wikipedia, Jengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Buah jengkol biasanya digunakan sebagai salah satu campuran hidangan masakan. Jengkol merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat. Aroma yang yang sedikit bau, namun dengan rasanya yang nikmat, membuat setiap orang yang merasakannya/mencicipi menjadi ketagihan.

Tidak hanya nikmat, namun jengkol juga bermanfaat untuk kita. Ada beberapa manfaat dari jengkol seperti dibawah ini:

1. Diabetes melitus

Jengkol juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus. Kandungan yang terdapat di dalam jengkol mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Dengan merebus jengkol dan memminum airnya 3 kali dalam sehari, penyakit diabetes melitus dapat diatasi. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jengkol dapat menurunkan gula darah, namun banyak ahli juga tidak menyangkal dari manfaat jengkol untuk menurunkan gula darah.

2. Nyamuk demam berdarah

Nyamuk aedes aegypti yang kita kenal dengan nyamuk demam berdarah meskipun memiliki ukuran yang kecil namun sangat berbahaya. Buktinya banyak korban dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini yang tidak selamat. Pembasmian nyamuk demam berdarah sudah dilakukan dengan mencegah nyamuk tersebut berkembang dan membuat semacam obat untuk mematikan jentik nyamuknya. Namun selain itu, ternyata jengkol juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jentik nyamuk demam berdarah. Kandungan asam fenolat, alkaloid, terpenoid dan saponin yang ada di dalam jengkol dapat mengusir jentik nyamuk dan mencegah perkembangbiakan nyamuk dari jentiknya. Dengan mengatasi jentik nyamuk dengan jengkol tidak akan mencemari lingkungan air yang ada.

3. Serangan jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang secara mendadak pada organ jantung, dan membuat berhentinya fungsi jantung, yang pada gilirannya akan menyebabkan suatu kematian pada seseorang yang menderitanya. Tidak ingin seperti itu terjadi bukan? Cegahlah segera. Konsumsi jengkol secara teratur diyakini sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya serangan jantung. Hal ini karena adanya kandungan flavonid dan alkaloid pada jengkol.

4. AntiBakteri

Jengkol juga dapat menghambat perkembangan bakteri. Fraksi etil asetat pada jengkol bekerja efektif dalam membunuh pertumbuhan bakteri, seperti bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis. Kandungan jengkol tersebut akan bekerja dalam menetralisir pertumbuhan kedua jenis bakteri di dalam tubuh.

Related posts