Inilah Penyebab Mengapa Timbul Kolesterol Tinggi

Menurut sumber dari wikipedia, Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Lemak sterol merupakan sejenis molekul lipid. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Ada dua macam jenis kolestreol didalam tubuh kita yaitu, kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik bekerja sebagai penyeimbang lemak yang masuk kedalam tubuh, dan kolesterol jahat melakukan kebalikannya. Dalam hal ini, ada beberapa penyebab mengapa koleterol menjadi tinggi (jahat). Berikut dibawah ini:

* Makanan

Jika Anda terlalu banyak mengambil asupan harian dengan mengandung lemak, maka kemungkinan besar akan menimbulkan dampak terjadinya penimbunan lemak didalam tubuh dengan demikian tubuh akan lebih banyak memproduksi kolesterol jahat. Hal ini biasanya dapat ditemukan pada jenis makanan tertentu seperti daging sapi, keju, susu, mentega, dan minyak kelapa sawit.

* Berat badan

Berat badan juga mengambil andil untuk terjadinya peningkatan kolesterol dalam tubuh. Jika berat badan Anda relatif seimbang, maka produksi kolesterol baik akan meningkat. Namun, jika berat badan melebihi kapasitas maka itu dapat memicu peningkatan kolesterol tinggi.

* Minuman

Minuman memang sangat baik bagi tubuh, namun dengan catatan tertentu. Minum air putih sangat dianjurkan, jus juga sama halnya. Alkohol bagaimana? Minuman beralkohol tidak dianjurkan, namun hanya sedikit boleh sih! Lalu kalau berlebihan? Jika berlebihan dalam mengkonsumsinya, maka produksi kolesterol baik (HDL) akan terhambat dan tidak seimbang, dengan demikian dapat memicu terjadinya kolesterol tinggi.

* Rokok

Rokok adalah salah satu penyebab utama terjadinya berbagai macam masalah penyakit seperti jantung, kanker, dan tekanan darah. Namun, rokok juga berpengaruh pada kadar kolesterol dalam tubuh. Bila merokok secara aktif, tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan gula darah didalam tubuh sehingga hal inilah yang dapat mengakibatkan kolesterol tinggi.

* Faktor Gen

Faktor gen atau keluarga juga berpengaruh pada kolesterol didalam tubuh. Ini merupakan penyebab utama mengapa seseorang dapat meningkatkan kolesterol tinggi dalam tubuhnya. Jika salah satu anggota keluarga Anda seperti ayah, ibu, dan saudara kandung memiliki hal tersebut, maka Anda jangan heran untuk juga menjadi penerus dari mereka.

Saran, segeralah mengikuti rezim kesehatan yang tepat, baik itu dari makanan, minuman, berat badan, rokok, dan gen. Ubahlah dari saat ini juga dengan mengikuti pola gaya hidup sehat, dan jangan lupa untuk selalu berkeringat (olahraga). Melakukan cek rutin pada dokter juga dianjurkan.

Related posts