Top 5 Ikan Hias Air Tawar Yang Patut Kamu Pelihara

Ikan hias adalah ikan yang dipelihara didalam sebuah aquarium atau kolam. Air tawar merupakan tempat kehidupan atau perairan tidak terasa asin yang akan dihuni ikan hias tersebut. Lantas, apa keuntungan dari memelihara ikan hias air tawar?

Ada beberapa keuntungan memelihara ikan hias air tawar seperti memperindah ruangan rumah, menghilangkan rasa jenuh, stres, dan menyehatkan tubuh, hal ini berdasarkan fakta dan kebenaran yang ada. Tidak hanya itu saja, jikalau kamu berhasil memelihara atau membudidayakan ikan hias air tawar juga dapat menguntungkan secara finansial loh.

Nah, pada artikel ini saya akan merekomdasikan Top 5 Ikan Hias Air Tawar Yang Patut Kamu Pelihara. Langsung saja perhatikan ulasannya dibawah ini:

1. Arwana

th

Arwana adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang patut kamu pelihara dirumah. Mengapa? Ikan ini sudah sangat tenar untuk berbagai kalangan pecinta ikan hias “Tanah Air” bahkan sejumlah negara besar didunia. Di Indonesia sendiri, jenis ikan arwana banyak ditemukan habitatnya di Kepulauan Kalimantan serta Papua. Terlepas dari itu, ikan arwana juga memiliki bentuk tubuh yang unik dan indah. Bentuknya yang memanjang dan ramping menyerupai pisau dibarengi dengan sisik berwarna menjadikannya sebagai pilihan ikan hias yang sangat manarik. Bukan disitu saja, menurut kebanyakan mitos yang beredar bahwasannya ikan ini dapat membawa keberuntungan dan menjaga rumah dari gangguan makhluk halus. Itulah alasannya, mengapa banyak orang yang mengadopsi-pemeliharaan ikan hias jenis arwana.

2. Louhan

th-3

Louhan juga merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki keunikan tersendiri dimana jendolan kepala dan bentuk tulisan ditubuhnya. Hal ini pula yang disangka-sangka banyak pencinta ikan hias untuk memelihara ikan louhan. Yang perlu diketahui, semakin besar jendolan kepala dan tulisan tersebut maka ikan louhan akan semakin unik bahkan harganya juga semakin mahal. Ikan louhan yang berasal dari Malaysia dan Taiwan ini juga dikenal memiliki sifat agresif dimana ia dapat memangsa jenis ikan kecil lainnya. Ikan louhan pernah tenar dikalangan pecinta ikan hias ditahun 2000-an, mungkin hingga saat ini.

3. Oscar

th-5

Oscar bukanlah sebuah nama film karton maupun seorang pesepakbola dunia melainkan seekor ikan. Tepat sekali, ikan oscar namanya yang juga disebut latinnya Astronotus Ocellatus tergolong keluarga Cichilidae. Ikan ini pertama kali ditemukan diperairan Amazon, Amerika Serikat. Ikan oscar dapat tumbuh-besar mencapai ukuran 8 hingga 14 inchi, ini merupakan ukuran yang cukup besar diantara jenis ikan hias lainnya.

Jika menilik dari segi bentuk dan siripnya, ikan oscar hampir persis dengan gurame, hanya terletak perbedaan diantara warna sisiknya saja dimana sisik ikan oscar terlihat lebih berwarna atau cerah, dan gurame sebaliknya… Walau demikian, ikan oscar sudah banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias penjuru dunia. Kamu juga ingin melakukan hal yang sama?

4. Koi

th-9

Koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang juga patut kamu pelihara sebab ikan ini memiliki keindahan dan keunikan yang menakjubkan. Sejatinya, warna dan panjang ukuran tubuh yang dimiliki oleh ikan koi inilah yang dapat memikat hati seorang pencinta ikan hias. Terlepas dari itu, ikan koi juga dipercayai sebagai “pembawa hoki”. Benar-tidaknya belum bisa dipastikan, namun kalau hanya sekedar dipelihara dengan maksud menambah keindahan rumah, it’s ok… Tertarikkah kamu memeliharanya?

5. Mas Koki

th-10

Yang terakhir adalah ikan mas koki. Ikan mas koki pertama kali ditemukan dinegara Cina namun populernya di Jepang. Kok bisa? Ya, sebabnya masyarakat Jepang dikenal sangat menyukai jenis ikan mas koki demikian halnya mereka dapat merawat dengan baik dan tepat habitat ikan mas koki. Bukan hanya itu saja yang menjadi alasan masyarakat Jepang untuk memeliharanya, namun gerakan ekor, tubuh gempal, dan tampilan perut buncit menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk dipelihara. Ikan hias air tawar ini juga sudah lama diburu dan dicari oleh banyak penggemar ikan hias dunia.

Nah, itulah Top 5 Ikan Hias Air Tawar Yang Patut Kamu Pelihara dari admin. Semoga penyampaian artikel ini dapat membantumu agar lebih mudah memilih jenis ikan hias yang akan kamu pelihara. Sekian…

Related posts