5 Jenis Hewan Berumur Panjang

Umur atau usia adalah suatu defenisi keberadaan makhluk hidup yang ada didunia baik itu manusia, hewan dan tumbuhan dengan hitungan tahunan. Hitungan usia pada umunya dapat diperhitungkan dari masa lahir hingga kini. Pada hakikatnya pula, makhluk-makhluk yang hidup didunia akan sangat rentan dengan kematian lantaran peranjakan usia apalagi seorang manusia dan tidak mengecualikan tumbuhan juga hewan.

Lantas, pernahkah terbayang olehmu ada sejumlah hewan atau binatang yang memiliki umur panjang bahkan melebihi umur makhluk-makhluk hidup lain didunia? Berikut ini kita akan membahasnya, 5 Jenis Hewan Berumur Panjang apa saja yah? Check This Out…

1) Geoduck Clam

th-10

Geoduck Clam adalah salah satu jenis hewan yang memiliki ciri seperti kerang namun bertubuh besar dan berleher panjang. Hewan ini asli berasal dari Puget Sound atau Samudera Pasifik, Seattle, Washington. Diperkirakan, Geoduck Clam yang bilamana sudah berusia dewasa bisa mencapai panjang sampai 1 meter dan dapat bertahan hidup hingga 160 tahun lamanya.

2) Tuatara

th-11

Tuatara merupakan salah satu jenis hewan yang tergolong kedalam genus Sphenodon atau reptilia yang sedikit menyerupai kadal. Hewan yang berhabitat asli dari negara Selandia Baru ini diperkirakan dapat mencapai usia hingga 200 tahunan untuk bertahan hidup. Lamanya usia yang dimiliki Tuatara, menjadikannya sebagai salah satu hewan yang memiliki umur panjang diantara jenis-jenis hewan lainnya.

3) Red Sea Urchin

th-12

Hewan yang satu ini banyak ditemukan dikawasan Samudera Pasifik. Hidup diperairan lautan yang cukup dangkal yakni 100 m kedalaman dan bersembunyi dibebatuan adalah ciri dari populasi hewan yang satu ini untuk menghindari gelombang lautan saat sedang ekstrim. Mesocentrotus Franciscanus merupakan genus dari landak laut merah atau bulu babi merah dimana hewan ini juga tercatat sebagai salah satu hewan yang memiliki umur panjang. Diprediksi, landak laut merah atau bulu babi merah dapat bertahan hidup hingga mencapai usia 200 tahunan atau sama dengan jenis hewan Tuatara yang juga dapat bertahan hidup dikisaran usia demikian.

4) Kura-Kura

th-13

Kura-kura adalah salah satu jenis hewan vertebrata yang memiliki sisik serta cangkang pada tubuhnya ini dapat hidup di dua alam berbeda yakni air dan darat. Hewan ini juga termasuk sebagai “pemilik” usia terpanjang diantara jenis hewan lainnya. Ketahanan tubuh yang dimiliki kura-kura untuk beradaptasi dilingkungannya lah yang membuat seekor kura-kura dapat bertahan hidup hingga usia 175 sampai 250 tahun lamanya. Pernah ada suatu fakta, dimana ada dua ekor kura-kura yang mencapai usia demikan. Pertama, “Harriet”; kura-kura berusia 175 tahun yang berasal dari kepulauan Galapagos, Amerika Selatan, dan mati akibat gagal jantung diusia yang bersamaan. Kedua, “Adwaita” yakni kura-kura raksasa berasal dari Aldabra, Madagaskar, yang mati diusia 250 tahun.

5) Ocean Quahog

th-14

Hewan “pemilik” umur panjang yang terakhir adalah Ocean Quahog atau kerang laut. Ocean Quahog yang asli berasal dari Samudera Atlantik Utara ini dapat bertahan hidup hingga usia 400 tahunan, selain itu pula, juga pernah ada seekor kerang laut hasil peliharaan dinegara Cina bernama kerang “Ming” yang mati diusia 507 tahun.

Nah, itulah kelima jenis hewan “panjang umur” yang dapat tersampaikan dari saya. Apa ada yang lain? Silahkan koment… Terima kasih : )

Related posts