Fenomena Alam; Detik-Detik Kemunculan 3 Matahari Di Langit Rusia

Rusia- Sebuah rekaman video menunjukkan penampakan fenomena alam langka terjadi di langit Rusia. Masyarakat di kota Saint Petersburg, seakan-akan dibuat takjub oleh kehadiran “3 Matahari” yang kala itu menyinari Rusia di waktu pagi hari.

Seperti dikutip dari sumber Daily Mail, Rabu (7/12/2016), penampakan “3 Matahari” tersebut merupakan suatu fenomena alam yang sangat langka.

Menurut seorang ilmuwan terkenal di Petersburg Planetarium bernama Maria Borukja, penampakan matahari ‘palsu’ tersebut merupakan akibat dari aktivitas alam yang dikenal dengan sebutan “sun dogs” atau matahari bayangan.

Ia mengatakan bahwa kemunculan “3 Matahari” tersebut merupakan sebuah fenomena atmosfer terdiri dari titik terang yang saat itu muncul di dua sisi matahari yakni sisi kanan dan kiri matahari.

Maria juga menjelaskan bahwasannya fenomena alam satu ini sebenarnya dapat terlihat diberbagai belahan dunia, hanya saja tak seterang yang tampak seperti di langit Rusia saat ini.

Namun, seorang peneliti senior dari Institute of Applied Astronomy of Russian Academy of Sciences, Nikolay Zheleznov, mengatakan bahwa penampakan tersebut adalah “Halo Matahari” yang mana merupakan fenomena optis berupa lingkaran cahaya disekitar matahari dan bulan yang terkadang dapat juga disebabkan oleh adanya sumber cahaya lain seperti dari penerangan jalan.

“Masih banyak halo matahari yang lebih menarik. Ini masih tergolong biasa saja, sebuah permainan cahaya yang dipantulkan oleh kristal es pada awan tipis yang berada di ketinggian 5 hingga 10 kilometer di atas permukaan tanah”, kata Nikolay.

Pria itu juga menjelaskan bahwa “Halo Matahari” merupakan ilusi optik yang disebabkan oleh pancaran kristal es di udara yang dapat membiasi langit bertata sinar matahari tersebut.

Banyak penduduk setempat yang telah mengabadikan fenomena alam langka ini, dan kemudian mengunduh gambar serta rekaman penampakan tersebut pada media sosial. Mereka mendeskripsikan kejadian itu terlihat seperti adegan dalam film Star Wars, di mana dalam tontonan fiksi sain itu digambarkan sebuah planet yang disebut Tatooine yang memiliki “Dua matahari”.

Semenatara itu, pemerintah setempat juga memberitahukan bahwasannya penampakan “Halo Matahari” ini, ternyata dapat mengakibatkan suatu kecelakaan lalu lintas akibat terlalu terangnya pancaran sinar matahari tersebut ketika terlihat secara langsung maupun hanya sekedar pantulannya saja.

Terlepas dari itu, fenomena alam satu ini ternyata tidak hanya pernah terlihat di Rusia saja, melainkan juga pernah muncul dan terlihat di langit Siberia pada November silam.

Negara Rusia menjadi salah satu negara yang sangat beruntung terkait bisa menyaksikan fenomena alam “3 Matahari” yang terbilang cukup langka ini.

Nah, kamu dapat melihat detik-detik kemunculan fenomena alam “3 Matahari” tersebut pada media Youtube yang akan saya sajikan seperti dibawah ini:

Related posts